>

Sukses, Batang Hari Kini Miliki Universitas Islam Swasta Pertama di Jambi

Sukses, Batang Hari Kini Miliki Universitas Islam Swasta Pertama di Jambi

Dr.Ansori.S.Pd.I.,M.Pd.I--

BATANGHARI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kabar bahagia datang dari kalangan pendidikan di Bumi Serentak Bak Regam Kabupaten Batang Hari. Pasalnya Kampus Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari kini telah berubah menjadi Universitas Islam Batang Hari (UNISBA). Bahkan menariknya Universitas Islam Batang Hari menjadi yang pertama Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Jambi.

Hal ini setelah di keluarkannya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 484 Tahun 2024 Tentang Izin Perubahan Bentuk Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari menjadi Universitas Islam Batang Hari pada tanggal 15 Mei 2024 yang di Tandatangani langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

Dr.Ansori.S.Pd.I.,M.Pd.I saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan bahwa saat ini perguruan tingginya telah berubah menjadi Universitas Islam Batanghari, hal ini memang sebelumnya sudah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan oleh Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia dari Direktur Pendidikan Tinggi Islam.

“Artinya kita sudah memenuhi persyaratan itu dan semua proses sudah kita lalui sehingga memang kita selama ini setelah dilakukan Visitasi atau uji kelayakan pada bulan Ramadan lalu dan menunggu Hasil,alhamdulillah ternyata SK-nya itu tertanggal 15 Mei 2024  sudah selesai tapi kita baru dapat SK itu kemarin tanggal 19 Juli 2024.”Ujar Doktor Ansori.

Dirinya menjelaskan hal tersebut sebagai dasar awal kedepan untuk melakukan langkah - langkah strategis berikutnya. Dan langkah pertama yakni melakukan pengukuhan struktur yang sebelumnya dari Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari ke Universitas Islam Batang Hari.

“Insyaallah dalam waktu dekat Yayasan akan melantik Rektor lagi, dan Rektor juga akan melantik para pejabat yang di bawahnya meskipun nanti tidak ada rolling jabatan namun ini harus kita lakukan kembali, dan segera menyelesaikan proses administrasi.”Tuturnya.

Tidak hanya itu, Sambungnya dalam waktu dekat nanti tepatnya tanggal 31 Juli 2024 akan melakukan Wisuda Angkatan ke XXIV sekaligus Launching Transformasi IAI Nusantara Batanghari ke Universitas Islam Batang Hari (UNISBA).

“Alhamdulillah nanti yang di wisudakan sudah menggunakan Universitas Islam Batang Hari, kemudian kita akan mengembangkan lagi Prodi terbaru yang di butuhkan, sebelumnya kita memang fokus pada Prodi Agama, nanti kita juga akan menyiapkan Prodi Umum yang dibutuhkan oleh masyarakat.”Sebutnya.

Rektor juga menyampaikan bahwa di bawah Kopertais Wilayah 13 Jambi UNISBA menjadi Perguruan Tinggi Islam swasta pertama di Provinsi Jambi. Perguruan Tinggi ini juga nantinya akan menguntungkan masyarakat bahwa di Kabupaten Batanghari memiliki Universitas Islam pertama di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk di ketahui kampus yang telah berdiri sejak tahun 1986 ini telah mencetak 3000 lebih alumni yang tersebar di seluruh sektor Pemerintah dan Swasta, dan memiliki tenaga pengajar dosen tetap sebanyak 67 orang. Dengan kualifikasi Doktor sebanyak 20 Orang.

Tidak hanya itu Perguruan Tinggi ini juga memiliki Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2 MPI) dan juga memiliki 3 Fakultas dengan  7 Program Studi yang telah Akreditasi BAN PT. Saat ini Universitas Islam Batanghari masih menerima calon Mahasiswa Baru gelombang ke 2 Tahun Akademik 2024 - 2025 sampai Bulan September 2024.(rza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: