>

Mencuat! 9 Calon Kabupaten Baru di Provinsi Jawa Barat, Berikut Nama Kabupaten dan Ibukotanya

Mencuat! 9 Calon Kabupaten Baru di Provinsi Jawa Barat, Berikut Nama Kabupaten dan Ibukotanya

Wacana 9 Calon Kabupaten baru di Provinsi Jawa Barat-Tangkap Layar Youtube Atlantis People-

Kabupaten Bogor Timur terdiri dari 7 Kecamatan yakni, Jonggol, Cariu, Tanjungsari,  Suka Makmur, Klapa Nunggal, Gunung Putri dan Cileungsi.

Untuk Ibukota Kabupaten Bogor Timur direncanakan di Jonggol. Kabupaten Bogor Timur memiliki luas 787 km2 dengan jumlah penduduk 1 juta jiwa pada tahun 2023.

4.Kabupaten Bogor Barat

Kabupaten Bogor Barat merupakan pemekaran dari Kabupaten Bogor.

Wilayah yang masuk Kabupaten Bogor Barat antara lain, Tenjo, Parung Panjang, Jasinga, Rumpin, Cigudeg, Sukajaya, Nanggung, Pmijahan, Tenjol Jaya, Leuwiliang, Dramaga, Ciampea, Cibungbulan dan Leuwi Sadeng.

Ibukota dari Kabupaten Bogor Barat direncanakan di Cigudek. Kabupaten Bogor Barat memiliki luas 1.335 km2 dengan jumlah penduduk 1,6 juta jiwa pada tahun 2023.

5. Kabupaten Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi Utara merupakan pemekaran dari Kabupaten Sukabumi

Wilayah yang bakal masuk Kabupaten Sukabumi Utara antara lain, Kabandungan, Klapanunggal, Cidahu, Parakan Salak, Bojong Genteng, Parung Kuda, Cicurug, Ciambar, Cibadak, Nagrak, Caringin, Kadudampit, Sukabumi, Cicantayan, Cisaat, Gunung Guruh, Sukaraja, Sukalarang, Cireung Mas, Kebon Pedes dan Geger Bitung.

Calon Ibukota Kabupaten Sukabumi Utara direncanakan di Cibadak. Kabupaten Sukabumi Utara memiliki luas 963 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2023 1,4 juta jiwa.

6 Kabupaten Cianjur Selatan

Kabupaten Cianjur Selatan merupakan pemekaran dari Kabupaten Cianjur

Wilayah yang bakal masuk Kabupaten Cianjur Selatan antara lain, Takokak, Sukanagara, Kadupandak, Tanggeung, Pagelaran, Pasir Kuda, Cijati, Agrabinta, Leles, Cibinong, Cikadu, Sindang Barang, Naringgul dan Cidaun

Luas wilayah Kabupaten Cianjur Selatan 2.357 km2 dengan jumlah penduduk 1 juta pada tahun 2023.

Untuk Ibukota Kabupaten Cianjur Selatan direncanakan di Sindang Barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: