>

Kembangkan Pariwisata, Pj Wali Kota Jambi Percepat Revitalisasi Situs Cagar Budaya

Kembangkan Pariwisata, Pj Wali Kota Jambi Percepat Revitalisasi Situs Cagar Budaya

Kembangkan Pariwisata, Pj Wali Kota Jambi Percepat Revitalisasi Situs Cagar Budaya--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID -  Pj. Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih bergerak cepat

Hal ini menyusul setelah melakukan diskusi tentang strategi pengembangan Pariwisata di Kota Jambi bersama Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan menindaklanjuti pemberian penghargaan sebagai daerah dengan kunjungan wisatawan terbanyak di Provinsi Jambi pada gelaran Festival Batanghari lalu.

Bersama Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah V Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, Agus Widiatmoko, Ia melakukan tinjauan lapangan ke beberapa situs cagar budaya dalam wilayah Kota Jambi, Sabtu (6/7/2024).

Dalam giatnya itu, Pj Wali Kota Jambi turut didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi Maryani Yanti serta Kabid Daya Tarik Wisata Nanang Sunarya.

Adapun lokasi yang dikunjungi tersebut adalah cagar budaya Situs Candi Solok Sipin dan Rumah Batu Olak Kemang yang memiliki potensi untuk dilakukan pelestarian atau rehabilitasi oleh BPK Wilayah V Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek. Selain itu, turut pula dikunjugi Kampung Wisata Danau Sipin dan Rumah Batik Jambi Datuk Zainul Bahri.

Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih disela kunjungan itu mengatakan, tinjauan lapangan ke beberapa situs cagar budaya tersebut bertujuan untuk menggali potensi budaya dan sejarah, termasuk ilmu pengetahuan tentang peradaban masa lalu yang ada pada situs-situs tersebut. 

"Situs-situs ini tidak hanya perlu dilakukan perbaikan, namun juga butuh digali lagi tentang sejarah didalamnya, karena disitu juga ada pengetahuan tentang peradaban masa lalu yang pernah ada di Jambi, yang tentu nantinya akan sangat menarik bagi wisatawan berkunjung kesini, sehingga tidak sekedar melihat tetapi pengunjung bisa tahu sejarah peninggalan dari cagar budaya itu," sebut Sri. 

Sri menambahkan, terkait situs Candi Solok Sipin dan Rumah Batu Olak Kemang, dalam waktu dekat BPK Wilayah V Kemendikbudristek akan melakukan pembahasan lebih lanjut sesuai dengan tugasnya melaksanakan pelestarian cagar budaya dan pemajuan kebudayaan didaerah.

"Alhamdulillah, kami sudah berkoordinasi dengan Pak Agus Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V dalam rangka merevitalisasi potensi cagar budaya di Kota Jambi, rencananya dalam waktu dekat ini untuk cagar budaya Rumah Batu Olak Kemang akan segera dilakukan pembahasan lebih lanjut mengenai rehabilitasinya, baik menyangkut administratif maupun teknisnya," tambahnya.

Sri juga menyebut, langkah ini merupakan aksi pemerintah untuk masyarakat yang nantinya akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya di Kota Jambi. 

"Selain memang tugas pemerintah mengungkap kearifan budaya dan sejarah masa lalu pada sejumlah cagar budaya yang kita miliki, tentu potensi ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Jambi yang tentunya pula akan menggeliatkan perekonomian masyarakat Kota Jambi, khususnya diwilayah-wilayah terdekat dengan cagar budaya tersebut," sebut Sri.

Sri mengharapkan hasil dari kunjungan itu akan dapat segera ditindaklanjuti. Pemerintah Kota Jambi sebut Sri, sangat berharap dukungan dari Kemendikbudristek terkait revitalisasi situs cagar budaya di Kota Jambi tersebut.

"Kami berharap BPK Wilayah V dapat segera membantu rehabilitasi situs cagar budaya ini, agar menjadi lebih indah dan menarik sesuai dengan pada masanya yang kemudian nantinya akan menjadi destinasi wisata budaya dan sejarah serta edukasi di kota Jambi," harapnya.

"Kita sudah punya destinasi wisata menarik, seperti Danau Sipin, Kampung-kampung wisata, dan lain sebagainya, semoga upaya kita merehabilitasi situs-situs cagar budaya ini akan berdampak positif dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan di Kota Jambi," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: