>

Cek Mutu Pangan di Pasar, Pemkot Jambi Sediakan Laboratorium Keliling

Cek Mutu Pangan di Pasar, Pemkot Jambi Sediakan Laboratorium Keliling

Cek Mutu Pangan di Pasar, Pemkot Jambi Sediakan Laboratorium Keliling --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pemerintah Kota Jambi menyediakan laboratorium mobile atau keliling dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk pengecekan mutu pangan di Kota Jambi. 

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan, laboratorium mobile ini akan membantu masyarakat dalam mengecek kualitas makanan dan bahan pangan lainnya.

"Supaya pangan yang ada di Kota Jambi benar-benar terjamin kesehatannya dan mutunya melalui pengecekan di laboratorium mobile," kata Sri, Selasa (11/6/2024). 

Layanan pengecekan ini, kata Sri, bukti kesungguhan Pemerintah kota Jambi untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat dalam mengkonsumsi bahan pangan di Kota Jambi. 

Ia mengatakan Laboratorium Mobile ini juga dapat dimanfaatkan oleh pedagang di pasar tradisional maupun modern dalam  memastikan mutu pangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi Evridal Asri mengatakan, layanan pengecekan mutu pangan ini memberikan kepastian bagi masyarakat terkait ketersediaan pangan segar.

"Di sini bisa uji sampel pangan segar seperti daging, ikan, sayuran dengan cepat, tepat dan efektif," katanya, Selasa (11/6/2024). 

Saat ini sebut dia, Kota Jambi  memiliki satu mobil laboratorium keliling yang layanannya diberikan gratis kepada masyarakat.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan menjadwalkan penempatan laboratorium keliling ini di pasar-pasar di Kota Jambi.

Hasil pengecekan ini, kata dia, dapat langsung diketahui masyarakat dihari yang sama.

"Untuk mengetahui ada indikasi pangan itu terjangkit atau terindikasi obat-obatan atau formalin. Hasilnya dapat langsung diketahui beberapa menit setelah uji," katanya.

Evridal menyebutkan bahwa setiap harinya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mendatangi pasar untuk mengecek kelayakan pangan berupa daging, ikan, dan sayuran dari petani. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: