>

Perdana Menteri India Dilantik Tiga Periode, Dihadiri Shahrukh Khan Hingga Mukesh Ambani

Perdana Menteri India Dilantik Tiga Periode, Dihadiri  Shahrukh Khan Hingga Mukesh Ambani

Narendra Perdana Menteri India bersama Modi Elon Musk di New York Rabu (21/6)-Foto: Twitter @narendramodi -

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Perdana Menteri India, Narendra Modi pada hari Minggu (9/6/2024) kembali dilantik sebagai Perdana Menteri untuk ketiga kalinya.

Modi resmi menjadi Perdana Menteri India tiga periode berturut-turut didukung oleh partai nasionalis Hindu yaitu Partai Bharatiya Janata (BJP) dan beberapa partai koalisi lainnya.

Pelantikan Modi ini dilaksanakan di Istana Kepresidenan India. Pelantikan diisi dengan pengucapan sumpah dan dijaga ketat oleh tentara India.

Meski berkuasa untuk ketiga kalinya, ternyata kemenangan Modi pada periode kali ini tidaklah terlalu signifikan.

Modi gagal menang telak, tak seperti dua periode sebelumnya. Hal ini juga di luar ekspektasi media dan dan di luar hasil survey berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan sebelum pemilihan Perdana Menteri India.

Sebelum kemenangannya, Modi sempat pula melakukan lobi tinggi dengan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) guna mengumpulkan anggota parlemen yang mau mendukungnya dalam memerintah India.

Meski sudah dilantik, Modi belum mengumumkan susunan kabinet terbarunya.

Pelantikan Modi ini dihadiri ribuan orang, termasuk tokoh berpengaruh India seperti para selebriti ternama India Shahrukh Khan, kemudian juga terlihat hadir, sekutu Modil orang kaya India yaitu Gautam Adani dan Mukesh Ambani. (*)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: