>

Wartono Yakin Dapat Rekom PDIP Maju Pilkada Tebo

Wartono Yakin Dapat Rekom PDIP Maju Pilkada Tebo

Wartono--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Beberapa nama tokoh di Kabupaten Tebo seperti Wartono Triyan Kusumo, H. Aspan, Yoppi Muthalib, Hamdi, Agus Rubiyanto, Ihsanuddin serta Afriansah, mengikuji uji kelayakan  Dan kepatutan bakal calon kepala daerah (bacakada) di DPD PDIP Provinsi Jambi, Sabtu (8/6) lalu.

Uji kalayakan tersebut berlangsung selama dua hari di maskas DPD PDIP Provinsi Jambi, bilangan Haji Kamil, Thehok, Kota Jambi.

Dikonfirmasi Jambi Ekspres Wartono Triyn Kusumo mengaku dirinya memang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan bagi bakal calon kepala daerah yang digelar DPD PDIP Provinsi Jambi.  Kata Dia, dirinya diminta untuk memaparkan peta politik di kabupaten Tebo. 

“Termasuk membahas berkoalisi dengan siapa,” akunya.

Dia meyakini dirinya akan direkom oleh DPD PDIP untuk mejau di Pilkada Tebo. “Insa Allah, kita sudah 5 kursi, tinggal tambah 2 lagi, bisa berlayar,” akunya.

Terkait pasangan, Wartono mengaku masih penjajakan dan pendekatan dengan orang yang pas agar bisa membangun Tebo kedepannya.

Ketua DPD PDI Perjuangan, Edi Purwanto mengatakan bahwa uji kelayakan ini merupakan tahapan awal untuk penjaringan dan penyaringan bakal calon kepala daerah yang akan diusung. 

"Tentu untuk dukungan itu, kita ingin diskusi dengan calon kepala daerah maupun calon wakil kepala daerah yang sudah mendaftar," katanya.

Pada Pilkada tahun ini, kata Edi Purwanto, PDIP kebetulan hanya memiliki satu daerah yang bisa mengusung sendiri yaitu Tanjabbar. Sisanya harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa mengusung calon.

"Siapapun yang mendaftar di PDIP kita tanya, posisi seperti apa. Kemudian yang kedua terkait komitmen menjaga empat pilar kebangsaan. Ini adalah sesuatu yang wajib untuk kita tegaskan terus," katanya.

Hasil uji kelayakan ini, kata Edi, akan menjadi gambaran dan bahan untuk diteruskan ke DPP PDIP. Sehingga dengan pola yang dilakukan ini bisa menggambar kemampuan kandidat untuk mengatasi problem rakyat yang saat ini semakin berat. "Artinya butuh komitmen yang kuat dari masing-masing calon," tegasnya.(fth)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: