>

Selesaikan Uji Kelayakan, BBS Siap Berkoalisi Bersama PDIP

Selesaikan Uji Kelayakan, BBS Siap Berkoalisi Bersama PDIP

Bambang Bayu Suseno (BBS)--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Bakal Calon Bupati (Bacabup) Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno (BBS) sepertinya tak ingin melewatkan dukungan PDIP di Pilkada 2024 mendatang.

Sabtu (8/6/2024) kemarin, mantan wakil bupati Muaro Jambi ini memenuhi undangan partai besutan Megawati Soekarnoputri untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan di markas banteng, bilangan Haji Kamil, Thehok, Kota Jambi.

Dalam uji kelayakan tersebut kata BBS, ada beberapa hal yang disampaikan diantaranya soal survei dan komitmen jika diusung nantinya. Dan semuanya sudah ia penuhi.

Ketua Harian DPW PAN Provinsi Jambi ini juga mengatakan bahwa PDIP adalah partai besar dan terbuka, karena itu ia berharap bisa berlayar dengan partai pemilik 4 kursi di DPRD Muaro Jambi di Pilkada mendatang.

"Saya berharap bisa diusung PDIP di Pilkada Muaro Jambi. Saya siap berkoalisi dengan partai pemilik 4 kursi di parlemen ini," kata BBS.

BBS menyebutkan, saat ini dirinya terus turun ke daerah di Muaro Jambi dalam rangka memenuhi undangan masyarakat. 

Disinggung soal wakilnya, suami dari anggota DPRD Provinsi Jambi dua periode Ririn Novianti ini mengaku masih berproses. Sejumlah mekanisme termasuk survei dilakukan dalam menentukan sosok pendampingnya dalam membangun Muaro Jambi yang lebih baik kedepan.

Sementara, Ketua DPD PDIP Jambi, Edi Purwanto, menjelaskan bahwa uji kelayakan ini merupakan tahapan awal dalam penjaringan dan penyaringan bakal calon kepala daerah yang akan diusung oleh partai. 

“Tentu untuk dukungan itu, kita ingin diskusi dengan calon kepala daerah maupun calon wakil kepala daerah yang sudah mendaftar,” katanya.

Pada Pilkada tahun ini, kata Edi Purwanto, PDIP kebetulan hanya memiliki satu daerah yang bisa mengusung sendiri yaitu Tanjabbar. Sisanya harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa mengusung calon.

“Siapapun yang mendaftar di PDIP kita tanya, posisi seperti apa. Kemudian yang kedua terkait komitmen menjaga empat pilar kebangsaan. Ini adalah sesuatu yang wajib untuk kita tegaskan terus,” katanya.

Hasil uji kelayakan ini, kata Edi, akan menjadi gambaran dan bahan untuk diteruskan ke DPP PDIP. Sehingga dengan pola yang dilakukan ini bisa menggambarkan kemampuan kandidat untuk mengatasi problem rakyat yang saat ini semakin berat.

 “Artinya butuh komitmen yang kuat dari masing-masing calon,” pungkasnya. (aiz)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: