>

Sambangi Gubernur Jambi, PLN Minta Maaf Soal Mati Listrik Sehari Semalam : Penormalan Baru 80 Persen

Sambangi Gubernur Jambi, PLN Minta Maaf Soal Mati Listrik Sehari Semalam : Penormalan Baru 80 Persen

Sambangi Gubernur Jambi, PLN Minta Maaf Soal Mati Listrik Sehari Semalam : Penormalan Baru 80 Persen--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Jambi secara langsung menyambangi Rumah Dinas Gubernur Jambi pada Rabu (5/6/2024) siang. Mereka menemui Gubernur Al Haris untuk menyampaikan laporan dan perkembangan informasi penanganan gangguan kelistrikan.

Manager PLN UP3 Jambi Ediwan, menerangkan mati listrik Provinsi Jambi terjadi seluruh kabupaten/kota. Dikarenakan seluruh pengaturan sistem listrik Jambi diatur oleh Unit Pengatur Beban Sumatera.

"Kami atas nama manajemen PLN memohon maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak dari padamnya sistem kelistrikan Sumatera," ucap Ediwan (5/6).

Diterangkannya, untuk penyebab kerusakan sebenarnya yang terganggu kemarin hanya di jalur transmisi Saluran Udara Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kv Lahat - Lubuk Linggau. Akibat gangguan di jalur transmisi tersebut menyebabkan pembangkit-pembangkit utama yang ada di sistem Sumatera itu padam sehingga untuk pemulihan kembali membutuhkan waktu.

Ia menegaskan, hingga saat ini se-Sumatera itu sudah diperbaikan sekitar 60 persen untuk normalnya. 

"Untuk Jambi sendiri sudah 80 persenan. Kita terus berusaha dan setiap unit PLN mempunyai tugasnya masing-masing untuk mengawal dan mempercepat proses penormalan ini," terangnya.

Pihaknya berusaha memaksimalkan penormalan utuh pada Sore ini. "Kalau untuk penormalan kami mengupayakan hari ini sebelum jam 18.00 sudah normal secara 100 persen rencananya," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris menyatakan dirinya didatangi PLN lantaran kejadian listrik di Jamni yang sempat mati total. Dimana berdampak dengan masyarakat kita, baik itu yang menggunakan PLN sebagai pencahariannya. 

Al Haris berharap warga bersabar menerima dan tidak ada reaksi apa-apa karena ini murni musibah.

"Memang kondisi yang tidak bisa dihindari, jadi memang warga harus tau kondisi itu. PLN melapor ke kita dan kita memang tahu kondisi itu, insyaallah kami juga akan beri tahu kepada warga pemberitahuan agar tidak ada gejolak di masyarakat," terangnya.

Lanjut Gubernur, pihaknya mengharapkan masyarakat Jambi menjaga betul jalur-jalur PLN yang ada jalannya itu yang cukup panjang sampai Kerinci sekitarnya. 

"Mohon dijaga dibantu jangan sampai ada pihak yang merusak, soalnya sering besinya itu diambil warga. Nah Jambi insyaallah tidak ada itu dan berharap tidak ada penghambatan arus PLN juga di Jambi," jelas Al Haris. (aan/mg1)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: