>

Tahun Ini Ruas Jalan Simbur Naik Dibangun 2 Km, Tahun 2025 Diusulkan 1,7 Km

Tahun Ini Ruas Jalan Simbur Naik Dibangun 2 Km, Tahun 2025 Diusulkan 1,7 Km

Tahun Ini Ruas Jalan Simbur Naik Dibangun 2 Km, Tahun 2025 Diusulkan 1,7 Km--

SENGETI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pemerintah Kabupaten Tanjabtim terus berupaya melakukan perbaikan maupun peningkatan infrastruktur jalan yang mengalami kerusakan setiap tahunnya, baik itu melalui dana APBD Tanjabtim maupun melalui anggaran pusat.

Seperti contohnya jalan di Desa Simbur Naik, Kecamatan Muara Sabak Timur, tahun ini akan dibangun sepanjang 2 Km melalui Dana Bagi Hasil (DBH) sawit.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tanjabtim, Susiana mengatakan, bahwa pembangunan jalan rigid beton di Jalan Simpang Lambur II Simbur Naik tersebut adalah anggaran DBH sawit tahun RKP 2023, akan tetapi memang pengerjaannya dilaksanakan di tahun 2024.

"Pembangunan jalan rigid beton 2 Km itu akan menelan anggaran sekitar Rp. 20,4 Miliar," kata Susiana.

Diakuinya, selama ini Dinas PUPR Bina Marga dan UPTD Alkal terus memantau kondisi ruas jalan yang berada di Simbur Naik. Upaya yang dilakukan UPTD Alkal yakni melakukan penanganan titik yang rusak dengan material.

"Kami terus memantau kondisi jalan tersebut, dan terus dilakukan penanganan. Di tahun ini baru akan dibangun rigid beton melalui DBH sawit," terangnya.

Kabid Bina Marga yang akrab disapa Susi ini menjelaskan, bahwa pembangunan jalan tersebut akan dilakukan bulan Mei ini. Hari ini rencananya akan mulai menentukan titik pengerjaan. 

"Pengerjaan jalannya sudah terkontrak. Jadi tinggal menentukan STA nya atau titik yang akan dikerjakan," jelasnya.

Selanjutnya, tidak sampai disitu. Pemerintah Daerah juga kembali mengusulkan pembangunan lanjutan rigid beton Jalan Simpang Lambur II Simbur Naik tersebut ke Pemerintah Pusat sepanjang 1,7 Km untuk tahun 2025 mendatang.

"Kami Dinas PUPR Tanjabtim melalui Bidang Bina Marga berupaya untuk mengusulkan peningkatan ruas jalan tersebut melalui DAK dan DBH sawit," ungkapnya.

Dia berharap, semoga dengan dibangunnya jalan Desa Simbur Naik, dapat memperlancar lalu lintas pengangkut hasil perkebunan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Dan juga masyarakat setempat diharapkan dapat mendukung pembangunan tersebut selama pengerjaan dilaksanakan.

"Mudah-mudahan proses pengerjaan Jalan Simpang Lambur II Simbur Naik ini berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala yang berarti," harapnya.(lan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: