Jalan Nasional Kerinci-Solok Selatan Sudah Bisa Dilewati Kembali Sempat Putus 12 Jam

Jalan Nasional Kerinci-Solok Selatan Sudah Bisa Dilewati Kembali Sempat Putus 12 Jam

Jalan ambrol Senin (13/5/2024) di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok membuat akses Kerinci-Solok Selatan terhenti selama kurang lebih 12 jam-Foto: Padeks.co-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Sempat putus selama 12 jam, sejak pukul 21.00 WIB pada Senin malam (13/5/2024), kini ruas jalan Kerinci-Solok Selatan sudah bisa dilewati kembali.

Jalan nasional di Jorong Pasa Lolo, Nagari Lolo, Kecamatan Pantai Cermin sempat putus total. Bahu jalan di lokasi kejadian ambrol membuat lalu lintas terhambat total. Banyak kendaraan dari Kerinci hendak ke Solok, pun sebaliknya, berhenti tak bisa jalan.

Kapolsek Pantai Cermin, Iptu Defri Irawan dikutip dari Padang Ekspres, mengatakan badan jalan yang tergerus cukup panjang, sekitar 15 meter dan hanya tersisa sedikit saja bahu jalannya.

Lokasi longsor tak jauh dari RM Mitra, salah satu rumah makan ternama di Kabupaten Solok Selatan.

Kata Kapolsek, titik ambrol tersebut sebelumnya sudah retak-retak. Dan saat hujan deras tadi badan jalan itu ambruk," katanya.

Setelah melaporkan kejadian kepada Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar, kondisi pun langsung ditangani.

Jalur Kerinci -Solok Selatan via Alahan Panjang tepatnya di Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin, sudah bisa dilalui kendaraan pada Selasa (14/5) pagi.

"Jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat dengan sistem buka-tutup, sekira pukul 09.15 tadi pagi," ujar Camat Pantai Cermin Gerry Candra via WhatsAap, Selasa (14/5).

Dijelaskannya, untuk sementara dilakukan pelebaran bahu jalan dengan cara menurunkan bukit sekitar kurang lebih 6 meter, agar bisa dilewati kendaraan roda empat, mengingat di kawasan itu tidak ada jalur alernatif lain.

"Yang jelas pengendara tetap harus ekstra hati-hati, karena jalan masih agak lunak," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, akses jalan Solok-Solok Selatan terputus akibat ambruknya badan jalan di Nagari Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Senin (13/5) malam sekira pukul 21.00 Wib.

"Jalan terban di nagari Lolo, badan jalan yang terban cukup panjang, sekitar 15 meter dan hanya tersisa bahu jalan," ujar Camat Pantai Cermin Gery Candra.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar melaporkan ruas jalan yang terban tersebut, "semoga segera mereka atensi," tukasnya. (frk)

Berita telah tayang di padek.co dengan judul: Jalan Nasional di Pantai Cermin Terban, Akses Lalu Lintas ke Solok Selatan Lumpuh


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: