Ketika Presiden Jokowi 'Dituntut' Janda Merangin, di Tebo Pak Bas Sibuk Beli Jengkol

Ketika Presiden Jokowi 'Dituntut' Janda Merangin, di Tebo Pak Bas Sibuk Beli Jengkol

Warga antusias ingin berfoto dengan Presiden Jokowi saat kunjungan ke Pasar Tanjung Bungur Tebo pada Rabu (3/4/2024)-Foto: Istimewa-

BANGKO, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Merangin Provinsi Jambi pada Rabu (3/4/2024) menyisakan banyak cerita menarik.

Terutama saat Presiden Jokowi mengunjungi Gudang Bulog Bangko dan terlibat dalam diskusi singkat dengan warga Merangin.

Saat dialog terjadi banyak kejadian lucu dan menarik.

“Ada yang ingin menyampaikan sesuatu?,” tanya Jokowi saat sesi tanya jawab.

Kemudian langsung seorang ibu menunjuk tangan dan berdiri. “Pak ada paak,” ujar perempuan berbaju hitam itu.

“Kalau biso pak, saya mohon dibuka lapangan pekerjaan bagi para janda pak!,” ujar ibu tersebut.

Sontak 'tuntutan' ini langsung disambut riuh oleh warga yang hadir di gudang Bulog Bangko, termasuk Presiden Jokowi, ikut tersenyum lebar.

“Tanpa memandang umur pak,” lanjut ibu itu dengan penuh semangat.

Pak Jokowi terlihat susah menahan tawanya mendengar pertanyaan tersebut, kemudian langsung menjawab.

“Yang saya mau tanyakan tadi itu, urusan beras ini loh, tapi ngga papa itu sebagai masukan, akan saya catat,” jawab Jokowi sambil diiringi tepuk tangan dari semua yang hadir.

Baca Pancasila Dapat Sepeda

Masih di Gudang Bulog,  Presiden Jokowi juga sempat meminta salah satu warga maju untuk membacakan Pancasila.

Adalah pria bernama Syaiful Anwar yang kemudian beruntung maju dan berdiri di samping Presiden Jokowi dan menunjukkan kemampuannya membaca Pancasila.

Namun sayang, karena grogi, ia sempat salah membaca sila ke empat dan sila kelima.

“Bapak ibu, kalau pas bapak ibu duduk itu, hapal semuanya, tapi pas dekat dengan saya, hilang semuanya, grogi, hilang semuanya,” kata Jokowi.

Namun beruntung, Syaiful warga RT 22 Bangko itu tetap  mendapat hadiah sepeda dari Jokowi karena berhasil mengulang membaca Pancasila dengan benar. “Silahkan Pak Syaiful sepedanya diambil,” kata Jokowi lagi.

Pak Bas Sibuk Beli Jengkol di Tebo

Setelah melakukan dialog dan kunjungan di gudang Bulog Bangko, Presiden Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik helikopter Puma milik TNI AI, menuju ke Kabupaten Tebo dan berkunjung ke Pasar Tanjung Bungur.

Di Pasar, Jokowi melakukan dialog dengan pedagang sambil mengecek harga sembako dan juga bertanya soal harga barang dagangan yang ditawarkan di pasar tersebut.

Jokowi dalam kesempatan ini juga menyerahkan bantuan langsung kepada pedagang berupa uang dan juga bingkisan.

Saat Presiden Jokowi sedang sibuk dengan pedagang dan warga, di sisi lain, ada pemandangan menarik.

Dimana terlihat Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono sibuk membeli jengkol dan memilih sendiri jengkol-jengkol yang sudah dibuka dari kulitnya lalu dimasukkan sendiri ke kantong belanja.

Basuki atau akrab disapa Pak Bas itu, memang ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Jambi kali ini. Selain pak Bas juga ada Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.


Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono alias Pak Bas sibuk memilih buah jengkol yang dibelinya di Pasar Tanjung Bungur Kabupaten Tebo Provinsi Jambi-Foto: Istimewa-

Ana, salah satu pedagang mengaku tak menyangka Presiden Jokowi hadir di Tebo “Selama hidup di Tebo, ndak nyangka bisa bertemu dengan bapak Presiden RI bapak Jokowi,” ujar Ana terharu. (dpc)





 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: