Pemprov Jambi dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Gelar HLM dan Capacity Building TP2DD

Pemprov Jambi dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Gelar HLM dan Capacity Building TP2DD

Gubernur Jambi Al Haris dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi Warsono foto bersama para kepala daerah dan pejabat yang hadir.-Foto: Ari/JEOrganizer-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jambi dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menggelar kegiatan High Level Meeting dan Capacity Building Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Wilayah Kerja Provinsi Jambi, di SwissBel Hotel Jambi pada Kamis (28/3/2024).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jambi Dr H Al Haris S.Sos, M.H. Saat pembukaan Al Haris mengatakan sangat optimis melalui High Level Meeting dan Capacity Building TP2DD ini akan mendorong inovasi percepatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah untuk mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transformasi tata kelola keuangan Daerah.

“Karena untuk mewujudkan semua itu sangat dibutuhkan sinergitas multi stakeholder, dan kegiatan hari ini adalah wadah sinergi itu,” lanjut Al Haris lagi.


Gubernur Jambi Al Haris dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi Warsono-Foto: Ari/JEOrganizer-

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Warsono dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) semester II 2023 yang dikeluarkan Satgas P2DD  menunjukkan seluruh TP2DD se Provinsi Jambi telah dapat mempertahankan predikat sebagai Pemda ‘Digital’.

“Pencapaian ini patut kita banggakan karena dengan kolaborasi antara seluruh TP2DD, mulai dari Pemda, OPD terkait, Bank Indonesia, Bank Jambi dan instansi vertikal Kementerian Keuangan,” lanjut Warsono.

Predikat ini katanya harus dipertahankan dengan terus mendorong penambahan kanal pembayaran digital baru untuk pembayaran pajak atau retribusi, seperti penyediaan EDC, uang elektronik atau e-commerce yang kini sedang proses pengembangan untuk pembayaran PBB serta meningkatkan realisasi pemanfaatan kanal digital (QRIS, Mobile Banking, e-Commerce) pada penerimaan dan belanja daerah.


Ferry Irawan, S.E., M.S.E Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko saat Sosialisasi Kriteria Evaluasi Kinerja TP2DD Tahun 2024 di Provinsi Jambi. -Foto: Ari/JEOrganizer-

Bertambahnya kanal pembayaran digital ini Diharapkan dapat berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) se Provinsi Jambi.

Warsono juga menyinggung soal tantangan perluasan digitalisasi daerah ke depan masih sangat membutuhkan inovasi dari masing-masing daerah.

Melalui kegiatan High Level Meeting dan Capacity Building TP2DD diharapkan kian mendorong sinergi dan inovasi dalam meningkatkan digitalisasi ekonomi dan keuangan di Provinsi Jambi.

Hadir langsung dalam kegiatan ini, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko selaku Ketua Pelaksana Satgas P2DD, Ferry Irawan, S.E., M.S.E.

Ferry menyampaikan materi terkait  Kriteria Evaluasi Kinerja TP2DD Tahun 2024 di Provinsi Jambi.


Dara Ayu Prastiwi, Koordinator Bidang Ekonomi Daerah saaat menjelaskan tentang Strategi Akselerasi Kinerja TP2DD Tahun 2024. -Foto: Ari/JEOrganizer-

Juga hadir sebagai narasumber lain yaitu Koordinator Bidang Ekonomi Daerah, Dara Ayu Prastiwi yang membahas tentang Strategi Akselerasi Kinerja TP2DD Tahun 2024.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para kepala daerah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, Direktur Bank Jambi, pimpinan Lembaga dan instansi serta para pimpinan OPD. (adv)


Tanya jawab dan diskusi dalam kegiatan High Level Meeting dan Capacity Building TP2DD di SwissBel Hotel Jambi-Foto: Ari/JEOrganizer-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: