Kisah Nabi Luth AS dan Azab Bagi Kaum Sodom

Kisah Nabi Luth AS dan Azab Bagi Kaum Sodom

Kisah Nabi Luth AS dan Azab Bagi Kaum Sodom--

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Nabi Luth AS merupakan keponakan Nabi Ibrahim AS, beliau lahir di wilayah Irak. Nabi Luth AS mengisi masa kecilnya bersama Nabi Ibrahim AS dengan kondisi berada disekeliling orang – orang yang suka melakukan korupsi dan suka dengan sesama jenis. 

Nabi Luth AS dirawat baik oleh Nabi Ibrahim AS. Dalam perjalanan hidupnya, Nabi Luth AS selalu membantu Nabi Ibrahim AS sehingga Nabi Luth AS mengerti bagaimana menjadi seorang pendakwah.

Nabi Luth AS dan Nabi Ibrahim AS juga sering berpergian ketempat jauh, hingga satu ketika Nabi Luth AS pergi ke daerah Palestina. Setengah perjalanan mereka Nabi Luth AS dan Nabi Ibrahim AS mendapatkan pemberitahuan dari Allah SWT bahwa NabI Luth AS akan menjadi Nabi selanjutnya.

Kemudian Nabi Luth AS menyebarkan agama Allah SWT di Yordania, tepatnya wilayah yang dihuni kaum Sodom. Kaum Sodom adalah kaum yang sangat unik bahkan tidak pernah ada pada zaman sebelumnya.

Kaum Sodom menyukai sesama jenis mereka bahkan mereka tidak memiliki pemikiran untuk menikah dengan lawan jenis mereka. 

Kisah Nabi Luth AS cukup banyak disebutkan dalam Al-Quran hal ini berkaitan dengan perlakuan kaum Sodom, bahkan kaum Sodom menantang Nabi Luth AS untuk membuktikan azab dari Allah SWT.

Seperti dalam Al-Qur’an, Allah berfirman yang artinya:

‘Datangkanlah kepada kami azab Allah, jika kamu termasuk orang-orang yang benar.‘ Demikian jawaban yang dilontarkan kaum tersebut terhadap ajakan sang Nabi.(Qs Al-Ankabut: 29)

Dan kami (telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). Ingatlah, tatkala ia berkata kepada mereka ‘mengapa kamu mengerjakan hal keji seperti itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorang pun (di dunia ini) sebelum kamu?’. (Qs Al-A’raf: 80)

Hai Luth, sesungguhnya kami adalah utusan dari Tuhanmu, sekali-kali mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah dengan membawa keluargamu dan juga pengikut-pengikut kamu pada akhir malam. Dan jangan ada seorang di antara kamu yang tertinggal, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena sesungguhnya saat azab jatuh kepada mereka, ialah di waktu subuh. Bukankah subuh sudah dekat?. (Qs Al-Hud: 81)

Hingga suatu waktu, Allah SWT mengutusa dua malaikat kerumah Nabi Luth AS, dua malaikat itu menyamar menjadi lelaki tampan, muda, memiliki tubuh yang sangat atletis.

Awalnya Nabi Luth AS sangat bimbang menerima tamu tersebut tetapi sangat tidak baik apabila tamu tidak diperkenankan untuk masuk kedalam rumah. Tetapi disisi lain, Nabi Luth AS sangat khawatir bila kaum Sodom mengetahui kehadiran dua laki  laki muda dan tampan dirumahnya.

Untuk itu, Nabi Luth AS memberitahu kepada anak – anak dan istrinya untuk merahasiakan ini. Tetapi istri Nabi Luth AS malah memberitahukan hal ini kepada kaum Sodom dan ini mendapatkan reaksi yang sangat besar dari kaum Sodom.

Lalu kaum Sodom berbondong – bondong mendatangi rumah Nabi Luth AS. Nabi Luth AS dengan sangat baik menawarkan kepada mereka untuk meminang para putrinya tetapi mendapatkan penolakan keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: