PTPN IV PalmCo Menuju Zero Stunting

PTPN IV PalmCo Menuju Zero Stunting

Penyerahan bantuan kepada pemerintah Provinsi Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV PalmCo terus menunjukkan aksi nyata dalam pengentasan stunting. 

Hal ini masuk dalam daftar priorotas PTPN IV PalmCo sebagai dukungan penuh terhadap upaya pemerintah menurunkan prevalensi stunting Nasional.

Aksi bersama cegah stunting antara PTPN IV PalmCo bersama Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) didukung oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan BKKBN RI, Kamis (7/3) menyerahkan bantuan makanan bergizi kepada 300 anak di Provinsi Jambi.

Penyerahan bantuan makanan bergizi ini diterima secara simbolis oleh Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Tema Wisma dan anak stunting yang berasal dari lima kecamatan di Kabupaten Batanghari, yaitu Kecamatan Pemayung, Muara Bulian, Tembesi, Muaro Sebo dan Batin 24.


Foto Bersama--

“Permasalahan stunting merupakan permasalahan kita semua, untuk itu PTPN sebagai Perusahaan Perkebunan negara memandang penting dalam aksi nyata pencegahan stunting. Karena dengan anak yang sehat maka masa depan kita juga akan baik dan dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045,” jelas Ketua IKBI PTPN IV PalmCo, Lina Jatmiko.

Dirinya juga menjelaskan aksi nyata PTPN IV PalmCo dan IKBI memberikan dorongan kepada sumber daya guna menginterventasi stunting di lingkungan perusahaan dengan 2500 orang kader posyandu, 400 orang kader Pos UKK, 1 kali layanan posyandu setiap bulannya, 210 unit paud dan penitipan anak juga 102 unit klinik dan rumah sakit.

“Dari lima regional PTPN IV PalmCo, tiga regional telah bebas stunting dan resiko anak stunting dan pada tahun 2024 PTPN IV PlamCo dan IKBI akan berusahan sebaik mungkin agar angka stunting khususnya di lingkungan perusanaan PTPN IV PalmCo bisa menjadi zero atau nol. Kita sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari pencegahan dan penanggulangan stunting,” tambah Lina.


Penyerahan bantuan kepada anak stunting Oleh Ketua IKBI--

Aksi PTPN IV PalmCo cegah stunting ini mendapatkan apresiasi penuh dari Pemerintah hal ini disampaikan langsung Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, Nopian Andustri,SE.,MT.

Pencegahan stunting harus dilaksanakan secara bersama sama, karena semua pemangku kepentingan memiliki tugas dan cara tersendiri dalam menekan angka stunting.

“Semuanya harus berkolaborasi, baik dari Masyarakat, perguruan tinggi, dunia usaha atau pihak swasta, media massa hingga pemerintah baik pusat dan Pemda. Untuk itu saya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada PTPN IV PalmCo yang memiliki kepeduliaan tinggi dalam menyelamatkan generasi – generasi yang akan datang melalui pencegahan stunting,” kata Nopian Andustri,SE.,MT.

Untuk diketahui PTPN IV PalmCo telah ditetapkan menjadi Bapak Asuh oleh Pemerintah Provinsi Jambi pada bulan November 2023 yang lalu, hal ini karena kegiatan – kegiatan nyata yang dilakukan PTPN IV PalmCo dan menekan dan mencegah stunting khususnya di Provinsi Jambi.

Sejalan dengan itu, Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Tema Wisma, mengatakan aksi nyata yang dilakukan PTPN IV PalmCo dalam mencegah stunting di Provinsi Jambi memiliki pengaruh yang cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: