Diklat KKN Reguler 2024, Rektor Sampaikan 5 Pesan Penting

Diklat KKN Reguler 2024, Rektor Sampaikan 5 Pesan Penting

Diklat KKN Reguler 2024, Rektor Sampaikan 5 Pesan Penting--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan ‘Pendidikan dan Latihan Pembekalan Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNJA Program Reguler Semester Genap Tahun 2023/2024’. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 78 mahasiswa yang diselenggarakan di Aula Aula Drs. A. Hakim Lubis LPPM UNJA Mendalo pada Selasa (5/3/2024).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Rektor UNJA, Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H. Selain itu turut hadir juga Koordinator Pusat Pelaksana KKN UNJA, Ridhwan, S.Ag., M.E.Sy.

Rektor UNJA dalam sambutannya menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan bagi para mahasiswa selama mengikuti program KKN. “KKN ini bukan menandakan mahasiswa selesai turun kepada masyarakat, tetapi mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat secara bersama-sama. Mahasiswa harus memperhatikan hal-hal ini ketika terjun ke masyarakat. Pertama, jalin komunikasi dengan masyarakat desa setempat jika ada hambatan yang memerlukan bantuan pemerintah setempat. Kedua, ikuti adat istiadat yang baik di sana, lalu yang keempat ketika sampai di desa sasaran jangan merasa paling pintar, artinya harus sama-sama belajar dengan masyarakat desa,” ujar Rektor.

“Terakhir, jangan rusak nama almamater dengan perilaku yang tidak baik, serta yang paling terpenting ialah mahasiswa harus datang sebelum pelaksanaan suatu acara, artinya harus menghargai waktu,” jelas Rektor.

Setelah membuka acara, Rektor UNJA memasangkan almamater kepada perwakilan mahasiswa KKN  sebagai simbolis dimulainya Diklat.

Ridhwan, S.Ag., M.E.Sy. selaku Koordinator Pusat Pelaksana KKN UNJA menjelaskan maksud dan tujuan dari pelaksanaan Diklat KKN tersebut. “Tujuan Diklat mahasiswa KKN ini dimaksudkan sebagai salah satu tahapan penyelenggaraan KKN dengan tujuan membekali para peserta KKN dengan berbagai pengetahuan dan wawasan yang terkait dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di UNJA, sekaligus sebagai seleksi akhir bagi calon peserta sebelum ditempatkan di desa lokasi,” tutur Ridwhan.

78 mahasiswa KKN UNJA 2024 terdiri dari 64 mahasiswa FKIK, 9 mahasiswa FAPET, 3 mahasiswa FH, 1 mahasiswa FEB, serta 1 mahasiswa FAPERTA. KKN reguler 2024 akan dilaksanakan di Kabupaten Merangin yang meliputi 2 Kecamatan, Tabir dan Tabir Lintas. Serta akan ditempatkan di 3 desa setiap kecamatan.

Kegiatan berlanjut dengan pembekalan mahasiswa KKN dari 7 pemateri dengan 7 tema yang berbeda, yaitu: ‘Kukerta Sebagai Model Pengabdian Kepada Masysrakat oleh Mahasiswa dalam Konteks Tri Dharma PT’, dengan pemateri Dr. Ade Octavia, S.E., M.M.

‘Membangun Environmental Development Mahasiswa dalam Mendukung SDGs Desa’, dengan pemateri Dr. Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A.

‘Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual (PPKS)’, dengan pemateri Dr. A. Zarkasi, S.H., M.Hum.

‘Peran Media Sosial dalam Komunikasi; Etika dan Tanggung Jawab Pengguna Medsos’, dengan pemateri Citra Darminto, S.IP., M.M.

‘Dinamika Berkelompok, Teknik Komunikasi dan Pendekatan Sosiologis Masyarakat’, dengan pemateri Ridhwan, S.Ag., M.E.Sy. ‘Gambaran Umum Wilayah dan Karakteristik Masyarakat Lokasi Kukerta Kec. Tabir dan Tabir Lintas’, dengan pemateri Ade Sadria, S.Pd., M.Pd.

‘Tata Kelola Program Kerja Kukerta Tematik; Perencanaan, Pelaksanaan dan Pelaporan’, dengan pemateri Dwi Kurniawan, S.E., M.M. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: