Ini Daftar 15 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Telah Beroperasi, Tol Jambi Bulan Juni 2024 Kelar

 Ini Daftar 15 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Telah Beroperasi, Tol Jambi Bulan Juni 2024 Kelar

TERUS DIBANGUN: Pemasangan tiang pancang pembangunan JTTS Bayung Lencir-Tempino. FOTO: IST FOR JAMBIEKSPRES--

9. Pekanbaru - Dumai 131 Km

10. Pekanbaru - Bangkinang 31 Km

11. Binjai - Tj. Pura 39 Km

12. Bengkulu - Taba Penanjung 17 Km

13. Indralaya - Prabumulih 65 Km

14.Tebing Tinggi - Indrapura 20,4 Km

15. Indrapura - Lima Puluh 15,60 Km

Seperti halnya, seorang pengemudi asal Medan bernama Mursyid yang sering menggunakan salah satu Jalan Tol Trans Sumatera sangat terbantu dengan adanya pembangunan Jalan Tol di Pulau Sumatera.

"Kami yang sering melintas antar wilayah ke dalam kota dan luar kota menjadi semakin cepat dan dipermudah lewat Jalan Tol yang sudah ada dan beroperasi," ujarnya.

Sementara itu,  Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bayung Lencir - Tempino Seksi 3 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan skema kerja sama operasi (KSO) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wijaya Karya) dan PT Brantas Abipraya (Persero) (Brantas Abipraya) (KSO HK-Wika-BAP) senilai Rp 2,76 Triliun.

Proyek yang memiliki panjang jalan utama 15,4 km dan jalan akses sepanjang 1,8 km, telah dimulai pembangunannya pada bulan Mei 2023 dan ditargetkan selesai di bulan Juni 2024 mendatang dengan progres saat ini mencapai 54,28%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pada tahun 2024 Kementerian PUPR menargetkan operasional JTTS Koridor Utama antara lain Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (sebagian Seksi 2-Seksi 4), Binjai-Langsa Seksi 2, Kisaran-Indrapura, Padang-Pekanbaru (Bangkinang-Pangkalan), Sigli-Banda Aceh Seksi 1, Betung-Jambi Seksi Bayung Lencir-Tempino, Padang-Pekanbaru (Padang-Sicincin), dan Binjai-Langsa (Seksi 3).

“Kecepatan pembangunan ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak agar dapat selesai tepat waktu,” ujar Basuki Hadimuljono.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa kehadiran jalan tol pertama di Jambi ini akan meningkatkan sektor perekonomian serta mempermudah akses dan konektivitas antar provinsi.

“Selain menjadikan waktu tempuh perjalanan menjadi lebih efisien dan mengurangi kemacetan di jalan nasional dari Palembang menuju Jambi, jalan tol ini juga nantinya dapat berpengaruh pada penurunan biaya transportasi, membuka peluang baru dalam perdagangan, investasi serta mendorong peningkatan arus barang dan jasa,” ujar Tjahjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: