Dinkes dan BPBD Apresiasi Seminar K3 - 2024 SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd

Dinkes dan BPBD Apresiasi Seminar K3 - 2024 SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd

Tampak para peserta seminar K3--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd., melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. 

Salah satunya dengan mengadakan kegiatan seminar K3 dengan tema 'Budayakan K3 sehat dan selamat dalam bekerja terjaga keberlangsungan usaha', dengan menghadirkan dua narasumber handal dalam K3. Sabtu (24/2) di BW Luxury Hotel Jambi. 

Dua narasumber yang dihadirkan dalam seminar tersebut adalah Prof. Dr. Tan Malaka, MOH, DrPH, SpOk, HIU yang merupakan Guru Besar UNSRI dan Dr. Ir. Adrianus Pangaribuan, MT., PFE., CFEI., fire and explosion professional forensic investigator. 

HSE Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, dr Frans Henny., menjelaskan PetroChina selalu mengedepankan budaya K3 dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dilingkungan Perusahaan. 

"Setiap tahunnya PetroChina selalu memperingati bulan K3 dengan berbagai kegiatan dan untuk tahun ini salah satunya kita melaksanakan Seminar K3 untuk mengingatkan dan menambah pengetahuan karyawan dan subkontraktor dalam prosedur K3 sehingga meminimalisir kecelakaan kerja," jelas dr Frans Henny. 

Seminar ini dilaksanakan secara semi virtual yang diikuti oleh karyawan PetroChina dan karyawan subkontraktor serta eksternal yang merupakan steakholder antara lain BPBD Tanjungjabung Barat, BPBD TanjungjabungTimur, Damkar Tanjungjabung Barat, Damkar Tanjungjabung Timur, Dinas Kesehatan Tanjungjabung Barat dan Dinas Kesehatan Tanjungjabung Timur. 

"Kita ingin mengingatkan kembali kepada karyawan tentang pentingnya budaya K3 dilingkungan kerja dan bagaimana kita melakukan pertolongan pertama dalam kecelakaan kerja dan yang berkaitan dengan K3 lainnya," kata HSE Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, dr Frans Henny. 

dr. Frans juga mengingatkan kepada seluruh karyawan dan subkontraktor agar K3 selalu menjadi budaya dalam bekerja, mulai dari berangkat kerja, disaat bekerja, sampai pulang lagi itu menjadi satu bagian dari diri karyawan itu sendiri. 

Sejalan dengan itu, Kepala BPBD Tanjung Jabung Barat, drs. Zulfikri, M.Ap memberikan apresiasi kepada PetroChina dengan kegiatan seminar yang dilaksanakannya ini. 

"Dengan seminar ini dapat memberikan pengetahuan bagi karyawan khususnya dan kami pihak steakholder. Karena musibah bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun, seperti di lokasi kerja kita. Dengan pembekalan ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada karyawan sehingga kecelakaan kerja dapat di minimalisir," jelas Kepala BPBD Tanjung Jabung Barat, drs. Zulfikri, M.Ap.

Perwakilan dari Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Timur, Ade Rinaldo menjelaskan Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah hal penting karena apabila ini diterapkan dengan baik akan dapat menjaga keberlangsungan perusahaan. 

"Ini penting sekali terkait keselamatan kerja karyawan, ini sangat luar biasa menambah pengetahuan peserta baik karyawan maupun kami masyarakat umum," kata Ade. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: