Warga Cemas Sungai Batang Merao Terus Abrasi

 Warga Cemas Sungai Batang Merao Terus  Abrasi

Warga Cemas Sungai Batang Merao Terus Abrasi--

KERINCI, JAMBIEKSPRES,CO.ID- Kondisi tanah di pinggir sungai Batang Merao tepatnya di Desa Koto Majidin, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci terus menerus abrasi. 

Akibat digerus aliran air sungai Batang Merao setiap harinya, bahkan jika kondisi air mengalami peningkatan maka abrasi tanah di pinggir sungai tersebut semakin meningkat. Sementara rumah penduduk berdekatan dengan sungai tersebut. 

Salah seorang warga  Indra mengatakan, pihaknya sangat khawatir dan was-was akan abrasi ini, dijelaskannya setiap hujan datang tanah akan terus terkikis ditambah jika kondisi air sungai batang merao meningkat maka abrasi akan semakin meluas. 

"Sudah semakin meningkat abrasinya bang, jika hujan datang di tambah sungai batang merao meluap akan menjadi-jadi abrasinya, " ungkapnya

Dengan kondisi tersebut maka sangat mengkhawatirkan,mengingat jarak antara sungai dengan lahan persawahan warga tidak terlalu jauh, jika abrasi semakin meluas maka persawahan warga Desa Koto Majidin akan terancam rusak. 

Demikian pula di sungai batang Merao yang ada di Kecamatan Danau Kerinci Barat. Warga tertempat mengusulkan agar dilakukan normalisasi Sungai Batang Merao maupun pemasangan tembok penahan. 

Camat Danau Kerinci Barat Noverman membenarkan hal ini. Dia mengatakan diwilayahnya termasuk langganan banjir karena air sungai meluap. Jadi pada musrenbang ini kecamatan Danau Kerinci Barat mengusulkan 5 usulan yaitu normalisasi sungai batang merao. 

Selain itu pembuatan jembatan Batang Merao di Desa Tanjung Pauh Hilir, pembuatan jalan di Desa Pancuran Tiga yaitu jalan alternatif penghubung Desa Pancuran Tiga dengan Kumun. 

"Selain normalisasi Sungai dan dibuat jembatan, warga juga minta rehabilitasi atau pembangunan kantor camat, membangun Polsek Danau Kerinci Barat, "jelasnya Senin (12/4/2024). 

Dirinya juga mendukung dan berharap semuanya akan terakomodir dan juga kami sangat berharap kepada dewan perwakilan rakyat yang terpilih dari dapil kita dapat memantau, mendorong serta berpartisipasi agar keinginan masyarakat bisa terwujud. 

Diketahui Kecamatan Danau Kerinci Barat (DKB) menyelenggarakan Musrenbang RKPD 2025  di Gedung Serbaguna Lima Desa Tanjung Pauh Mudik untuk perencanaan pembangunan daerah TA 2025.(hdp)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: