Februari 2024, Target Tol Jambi 54 Persen Tapi Terealisasi 52,8 Persen Karena Terkendala Ini

Februari 2024, Target Tol Jambi 54 Persen Tapi Terealisasi 52,8 Persen Karena Terkendala Ini

Beberapa lokasi Tol Jambi di Tempino-Bayung Lencir sudah mulai dibeton, salah satunya di Sungai Jerat Pelangki Muaro Jambi-Foto: Tangkap Layar Akun Lensa Youtuber-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO - Tol pertama di Provinsi Jambi terus dikebut pekerjaannya.

PPK Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3, Arief Budiarto mengatakan, semestinya di awal Februari ini pihaknya menargetkan sebesar 54 persen.

Namun, hingga awal Februari 2024 ini Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino terealisasi 52,8 persen.

Hal ini dikarenakan cuaca ekstrem yang terjadi sepanjang Januari lalu menjadikan progres ini minus sekitar 1,4 persen.

“Realiasi jalan tol Baleno Seksi 3 saat ini sudah 52,8 persen memang masih ada minus dari rencana kita yang sebesar 54 persen, minusnya 1.4 persen,” ungkapnya.

Ia tak menampik cuaca ekstrem menjadi hambatan dalam pendistribusian material terutama yang didatangkan dari Pulau Jawa.

“Terkendalanya karena Cuaca ekstrem. Kapal mengangkut material tidak bisa bersandar. Terkait Distribusinya saja. Sempat terganggu untuk material split dari Bojonegoro Cilegon,” ujarnya.

Dalam mengatasi itu pihaknya berupaya lebih dengan menggunakan tiga tugboat sekaligus biar bisa bersandar di pelabuhan.

“Saat ini air sudah normal ya. Dan sekarang kami sudah berjalan mengejar ketertinggal itu,” ucapnya.

Sementara itu, Tim Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Jalan Tol Trans Lintas Sumatera sudah melakukan tinjauan atau monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada Ruas Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) Seksi 1 hingga Seksi 3.

Tim Satgas itu diketuai Ir. Achmad Gani Ghazaly Akman bersama enam anggota lainnya meninjau pembangunan jalan tol Seksi 3 yang ada di Provinsi Jambi.

Hal ini dikonfirmasi oleh PPK Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3, Arief Budiarto.

Arief mengakui ada beberapa saran dari Satgas JTTS terkait utilitas di Simpang Sebidang, Desa Muaro Sebapo, Kecamatan Mestong, Muaro Jambi. 

“Benar telah ditinjau Satgas JTTS. Saran Satgas seperti pada Simpang Sebidang sana ada beberapa utilitas ternyata ada 9 kabel optik, kemudian ada tiang PLN, ada gas serta pipa minyak. Nah, sebetulnya sudah kami tindak lanjuti semua,” kata Arief kepada Jambi Ekspres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: