2 Ruas Tol Trans Sumatera Diresmikan Presiden Jokowi, Konektivitas di Sumut Semakin Bertambah

2 Ruas Tol Trans Sumatera Diresmikan Presiden Jokowi, Konektivitas di Sumut Semakin Bertambah

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Indrapura, dan jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Limapuluh di Gerbang Tol Limapuluh, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara--

MEDAN, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Konektivitas antar daerah di Sumatera Utara semakin bertambah.

Hal ini menyusul setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir meresmikan 2 ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera.

Dua tol tersebut adalah Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,4 Km dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran Seksi Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,6 Km pada Rabu (7/2/24).

Hadir pula mendampingi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris BPJT Apri Artoto, Direktur Jalan Bebas Hambatan Triono Junoasmono, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto, 

“Kedua infrastruktur Jalan Tol yang akan diresmikan pada hari ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang diproyeksikan meningkatkan konektivitas transportasi menuju kawasan wisata Danau Toba serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei,” ujar Presiden Jokowi.

Dikatakan Presiden Jokowi, dua ruas tol tersebut juga diharapkan akan cepat bisa berkembang dan juga mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju Kisaran dan Provinsi Riau, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya.

“Pembangunan Jalan Tol ini akan semakin menambah minat investasi di sekitar kawasan untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Sehingga kita harapkan dengan hadirnya Jalan Tol ini akan terjadi peningkatan daya saing daerah, mendorong tumbuhnya usaha baru dan menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya," katanya.

Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat sepanjang 143,25 Km dengan total nilai investasi sebesar Rp. 13,77 miliar memiliki beberapa seksi lainnya yang masih dalam tahap konstruksi yakni Seksi 1 Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,4 Km yang hari ini siap diresmikan, Seksi 2 Indrapura - Kuala Tanjung sepanjang 20,4 Km, Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan sepanjang 30 Km, dan Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar sepanjang 28 Km yang ditargetkan ke 4 Seksi tersebut selesai konstruksinya pada tahun 2024 ini. 

Sementara Seksi 5 Pematang Siantar - Seribudolok dan Seksi 6 Seribudolok - Parapat dengan panjang kedua seksi tersebut mencapai 50 Km yang merupakan dukungan pemerintah masih dalam tahap finalisasi desain.

Selanjutnya Pembangunan Jalan Tol Indrapura - Kisaran  dengan nilai investasi sebesar Rp. 6,32 miliar sepanjang 47,75 Km terbagi dalam dua Seksi, yakni Seksi 1 sepanjang 15,6 Km yang menghubungkan Indrapura – Lima Puluh saat ini sudah beroperasi dan belum bertarif, sementara seksi 2 sepanjang 31,9 Km menghubungkan Lima Puluh – Kisaran yang saat ini sedang dalam tahap akhir konstruksi sebesar 89,49% ditargetkan selesai konstruksinya pada kuartal 1 tahun 2024.

Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) dan nantinya akan menghubungkan sentra produksi peningkatan perekonomian bagi masyarakat pada wilayah yang terkoneksi, khususnya dari daerah wilayah Medan menuju Kisaran dan sekitarnya dengan mempercepat waktu tempuh yang biasanya sekitar 4 jam menjadi 2 jam.

Jalan Tol Indrapura - Kisaran yang berada di Sumatera Utara tersebut menghubungkan Kabupaten Batubara di sisi Utara dan Kabupaten Asahan di sisi Selatan terhubung dengan Jalan Tol Indrapura - Tebing Tinggi mendukung mobilitas dari Tebing Tinggi menuju ke Kisaran, Pematang Siantar, hingga Parapat.

Jalan Tol Indrapura - Kisaran menghubungkan beberapa Jalan Tol lainnya seperti Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, dan Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: