Ihsan Yunus Subsidi Bibit Sawit Unggulan dan Bersertifikasi untuk Petani Jambi

Ihsan Yunus Subsidi Bibit Sawit Unggulan dan Bersertifikasi untuk Petani Jambi

M. R. Ihsan Yunus, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Terus berupaya meringankan beban dan biaya para petani dalam proses berkebun kelapa sawit, M. R. Ihsan Yunus, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jambi, memberikan subsidi bibit kelapa sawit varietas unggul untuk petani di Jambi. 

Program subsidi ini dilakukan Ihsan Yunus bekerja sama dengan CV Putra Tricindo Mandiri, penangkaran bibit kelapa sawit berada di kawasan Ness, Jambi. Bibit yang disediakan di antaranya varian TN-1, Sriwijaya, PPKS 540 dan Damimas. 

“Warga Jambi, masyarakat Jambi yang saya cintai, saya membawa kabar gembira bagi teman-teman dan saudara-saudara saya petani sawit yang mau tanam sawit tapi belum punya bibit. Ayo ramai-ramai ke desa Sebapo dan juga di Ness, ada namanya CV Putra Tricindo Mandiri yang menyediakan bibit sawit varietas unggul, berlabel dan bersertifikasi. Semua tersedia di sini” kata politisi muda ini. 

Ihsan menegaskan, biasanya bibit kelapa sawit dijual dengan harga normal Rp55.000 perbibit, namun dengan program subsidi ini cukup membayar setengah harga menjadi Rp27.500 untuk petani sawit ada yang Jambi.

“In Syaa Allah Ihsan Yunus hadir, kita bantu dengan subsidi,” kata Ihsan.

Ia berharap kepada para petani dan pekebun dapat memanfaatkan sawit yang dari program subsidi ini, serta dapat merawat sawitnya dan memupuknya secara rutin agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Ihsan juga berharap agar bibit sawit yang diberikan nantinya dapat menghasilkan buah yang banyak, dan dapat membatu dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Melalui kegiatan ini kami ingin mempermudah masyarakat memperoleh benih bersertifikat, membantu mengarahkan masyarakat/pekebun untuk mendapatkan benih unggul perkebunan, agar petani tidak salah memilih benih ilegal seperti yang dijual dengan harga murah dan tidak bersertifikasi,” kata Anggota DPR RI dua periode ini.

Dijelaskannya, jika pekebun menggunakan benih tidak bersertifikasi, maka dikhawatirkan kelapa sawit yang ditanam tidak berbuah, kalau pun berbuah tapi tidak maksimal.

“Mudah-mudahan petani dan nelayan sejahtera hari ini dan hari selamanya,” kata Ihsan.

Untuk diketahui, Ihsan Yunus merupakan Anggota DPR RI dua periode, yakni 2014-2019 dan 2019-2024 dari PDIP melalui daerah pemilihan Jambi.

Politikus muda kelahiran April 1978 ini memiliki pengalaman panjang di Senayan. Ia pernah di Komisi 6, Pimpinan di Komisi 8, Komisi 2 dan sekarang di Komisi 4.

Di Pemilu 2024, Ihsan Yunus kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil Jambi, ia setia menggunakan perahu PDI Perjuangan dengan nomor urut 3. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: