Tingkatkan Keandalan Listrik di Jambi, Srikandi PLN ULP Seberang Kota Jadi Inisiator Digitalisasi Kubikel

Tingkatkan Keandalan Listrik di Jambi, Srikandi PLN ULP Seberang Kota Jadi Inisiator Digitalisasi Kubikel

Tingkatkan Keandalan Listrik di Jambi, Srikandi PLN ULP Seberang Kota Jadi Inisiator Digitalisasi Kubikel --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Gardu Hubung (GH) Jambi Waras, salah satu titik vital dalam sistem kelistrikan Jambi, mengalami peremajaan dengan penggantian kubikel baru (27/01).

Tindakan ini dilakukan atas inisiatif Srikandi PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Seberang Kota, Sri Eliza Putri, sebagai langkah penting dalam upaya peningkatan keandalan pasokan listrik di wilayah Jambi.

Kubikel memiliki peran penting dalam mengendalikan, melindungi, dan membagi tegangan listrik dari sumbernya.

Selama ini, kubikel di GH Jambi Waras masih menggunakan sistem manual, tidak dilengkapi dengan fitur autoreclose, dan tidak dapat dipantau secara otomatis melalui sistem SCADA (Supervision Control and Data Acquisition).

Karena masih bersifat manual, pemantauan dan akuisisi gangguan tidak dapat dilakukan dengan cepat cepat.

Namun, setelah dilakukan peremajaan dengan penggantian kubikel baru, pemantauan aktivitas GH Jambi Waras dapat dilakukan secara real-time melalui SCADA dan dilengkapi dengan fitur autoreclose yang dapat meningkatkan respons terhadap gangguan.

GH Jambi Waras berperan penting dalam menyuplai listrik kepada dua jurusan utama. Pertama, jurusan industri yang menggerakkan berbagai industri di Penyulang Pisang dengan kebutuhan listrik yang besar. Kedua, jurusan candi yang melayani Taman Cagar Budaya Nasional Candi, mendukung keberlangsungan dan pengembangan warisan budaya daerah.

Selain itu, GH Jambi Waras juga menjadi penyedia listrik bagi beberapa pelanggan potensial, termasuk PT Djambi Waras, PT REMCO, PT CMK, dan Taman Cagar Budaya Nasional Candi. Dengan penggantian kubikel ini, diharapkan pasokan kelistrikan kepada pelanggan tersebut dapat menjadi lebih andal, sehingga kegiatan operasional pelanggan lebih terkendali dan produktivitas dapat meningkat.

Sri Eliza Putri yang mengawasi langsung proses penggantian kubikel mengatakan adanya kubikel baru di GH Jambi Waras akan mengoptimalkan fungsi supervisi, data akuisisi, dan kontrol peralatan. 

“Kegiatan supervisi, data akuisisi, dan kontrol peralatan yang semula dilakukan secara manual kini dapat terdigitalisasi secara otomatis. Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap efisiensi waktu dalam bekerja dan mempercepat pekerjaan melalui kontrol jarak jauh” terang Eliza.

Sementara itu, Ade Maydha, Manager ULP Seberang Kota, menerangkan bahwa dengan implementasi otomatisasi GH Jambi Waras, sistem kelistrikan pada Penyulang Pisang akan menjadi lebih handal, dan bila terjadi gangguan dapat pulih lebih cepat. 

“Proses penggantian kubikel kita pastikan aman sesuai prosedur. Dengan penggantian Kubikel di GH Jambi Waras, kontrol dan akuisisi dapat dilaksanakan secara otomatis. Ini menjadi bagian dari digitalisasi layanan PLN dalam rangka peningkatan keandalan dan percepatan pemulihan gangguan” kata Ade

PLH General Manager PLN UID S2JB, Bambang Yusuf, mengatakan bahwa PLN terus berusaha meningkatkan user experience melalui digitalisasi layanan.

“Sudah menjadi komitmen bersama di PLN UID S2JB untuk meningkatkan infrastruktur kelistrikan demi kemajuan wilayah dan kesejahteraan masyarakat. Otomatisasi GH Jambi Waras melalui penggantian kubikel menjadi wujud upaya meningkatkan user experience PLN melalui digitalisasi layanan” terang Bambang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: