SEJARAH BARU! Indonesia Tembus Babak 16 Besar Piala Asia

 SEJARAH BARU! Indonesia Tembus Babak 16 Besar Piala Asia

Indonesia Tembus Babak 16 Besar Piala Asia-PSSI-

DOHA, JAMBIEKSPRES.CO.ID-   Indonesia dipastikan Indonesia masuk ke 16 besar piala Asia 2023.

Hal ini menyusul hasil imbang 1-1 antara Kirgistan dan Oman pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/) malam.

Lolosnya Indonesia ini merupakan kali pertama tim Merah Putih tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan.

Oman unggul pada menit kedelapan lewat Muhsen Al Ghassani. Kirgistan baru bisa membalasnya pada menit ke-80 lewat Joel Kojo.

Hasil imbang ini membuat Oman finis di posisi ketiga Grup F dengan nilai dua. Oman berada di bawah Indonesia, tim peringkat ketiga Grup D yang mengumpulkan nilai tiga.

BACA JUGA:Tembus 16 Besar Piala Asia, Ini Kata Pelatih Shin Tae-yong

Piala Asia 2023 memberikan jatah empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada untuk lolos ke babak gugur. Indonesia menempati peringkat keempat tim peringkat ketiga terbaik sehingga berhak tampil di 16 besar.

Sementara itu, Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui bahwa dirinya keunggulan permainan Jepang. Indonesia kalah 1-3 dari Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1).

Menurut Shin Tae-yong, dari pertandingan itu bisa terlihat bagaimana kualitas pemain Jepang saat melakukan pressing.

"Dari lini serang Jepang punya banyak pemain bagus, tapi ini bukan soal lini serang saja, mereka bisa melakukan high pressing dengan sangat baik. Meski kami melakukan penjagaan yang ketat, kami selalu kehilangan bola lagi karena pressing Jepang sangat kuat," kata Shin Tae-yong.

Selain itu, kata Shin Tae-yong, salah satu faktor di balik kemenangan Jepang atas timnas Indonesia adalah kemampuan Takefusa Kubo dan kawan-kawan dalam melakukan serangan balik yang efektif,

"Itu membuat kami tidak bisa build up dengan baik, kami kesulitan membuat koneksi dari satu pemain ke pemain lain," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Namun, terlepas dari hasil akhir serta Jepang yang sangat mendominasi pertandingan, Shin Tae-yong tetap bangga dengan apa yang ditampilkan para pemainnya.

Berdasarkan statistik, Jepang unggul 72 persen dalam penguasaan bola dibanding Indonesia (28). Total tendangan Jepang pun mencapai 12 percobaan berbanding tiga milik Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: