Indonesia Bidik Babak 16 Besar dengan Kalahkan Jepang Atau Jadi Peringkat 3 Terbaik, Ini Kalkulasinya

 Indonesia Bidik Babak 16 Besar dengan Kalahkan Jepang Atau Jadi Peringkat 3 Terbaik, Ini Kalkulasinya

Timnas Indonesia saat kontra Irak di laga perdana Piala Asia 2023-PSSI-

DOHA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Duel antara Timnas Indonesia dan Jepang di Piala Asia kelompok D diprediksi menjadi pertarungan hidup-mati, tetapi Timnas Indonesia mungkin bisa meraih tiket 16 besar sebelum pertandingan tersebut berlangsung.

Setelah memenangkan pertandingan melawan Vietnam dengan skor 1-0, peluang Timnas Indonesia untuk melaju ke babak 16 masih terbuka lebar, baik sebagai runner-up grup atau peringkat tiga terbaik.

Dengan Irak sudah mengamankan posisi juara grup, pertandingan antara Timnas Indonesia dan Jepang pada Rabu (24/1) akan menjadi perebutan posisi kedua dan ketiga.

Untuk menduduki peringkat tiga terbaik, Timnas Indonesia perlu berada di posisi empat besar dari enam grup yang ada. Jadwal Timnas Indonesia dianggap menguntungkan karena mereka dapat melihat hasil akhir dari tiga grup lain terlebih dahulu.

Timnas Indonesia bahkan memiliki peluang memastikan tempat di 16 besar sebelum melawan Jepang. Dua tim peringkat tiga dari grup lain harus memiliki poin lebih rendah daripada Indonesia.

Saat ini, Timnas Indonesia memiliki tiga poin dengan selisih gol minus satu. Sementara itu, mereka berada di posisi kedua dalam daftar peringkat tiga terbaik. Mari kita lihat hasil pertandingan dari grup A, B, dan C yang dapat menguntungkan Timnas Indonesia dan membuat mereka lolos ke babak 16 sebelum berhadapan dengan Jepang.

Timnas Indonesia memiliki kesempatan untuk melangkah ke babak 16 sebelum pertandingan melawan Jepang jika 2 dari 3 kemungkinan berikut terjadi.

Pertama, Grup A saat ini dipimpin oleh Qatar dengan enam poin, memastikan diri lolos sebagai juara grup. Tim lain di grup ini adalah China (2 poin), Lebanon, dan Tajikistan, keduanya memiliki satu poin.

Dalam pertandingan terakhir, Qatar akan menghadapi China, sementara Lebanon akan melawan Tajikistan. Jika Qatar mengalahkan China, itu akan menguntungkan Timnas Indonesia karena poin peringkat tiga grup A akan otomatis hanya dua. Jika China meraih poin melawan Qatar tetapi pertandingan Tajikistan vs Lebanon berakhir imbang, itu juga akan menguntungkan Timnas Indonesia. Tajikistan akan berakhir dengan dua poin dan berada di bawah Timnas Indonesia.

kedua, pada grup B, Australia saat ini memimpin Grup B dengan enam poin, diikuti oleh Suriah dengan empat poin, diikuti oleh Suriah (1 poin) dan India yang belum mencetak poin.

Dalam pertandingan terakhir, Australia akan menghadapi Uzbekistan, sementara Suriah akan melawan India. Jika pertandingan Suriah vs India berakhir imbang, itu akan menguntungkan Timnas Indonesia. Suriah akan memiliki dua poin di peringkat ketiga Grup B dan dipastikan berada di bawah Timnas Indonesia yang sudah memiliki tiga poin.

Dan ketiga, Grup C dikuasai oleh Iran dengan enam poin, diikuti oleh Uni Emirat Arab dengan empat poin, Palestina (1 poin), dan Hong Kong yang belum meraih poin. Dalam pertandingan terakhir, Iran akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab, sementara Palestina akan melawan Hong Kong. Jika pertandingan Palestina vs Hong Kong berakhir imbang, Palestina akan berada di peringkat ketiga dengan dua poin. Hal ini akan membuat Palestina berada di bawah Timnas Indonesia jika keduanya bertarung memperebutkan posisi ketiga terbaik.

Dengan peluang ini, Timnas Indonesia berharap bisa memastikan tiket 16 besar sebelum melawan Jepang dan menjadi perbincangan utama di turnamen ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: