Bukan Mateen Calon Raja Brunei Berikutnya tapi Ini

Bukan Mateen Calon Raja Brunei Berikutnya tapi Ini

Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dan Pangeran Abdul Mateen-Foto: Dok Tangkap Layar IG @tmski-

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Nama Mateen begitu viral akhir-akhir ini, apalagi pesta pernikahannya menjadi sorotan dunia. Namun perlu diketahui, bukan Mateen calon Raja Brunei berikutnya.

Pangeran Abdul Mateen memang sedang hangat jadi pembicaraan, pria berusia 32 tahun ini baru saja melangsungkan pernikahan mewah dan meriah dengan seorang perempuan cantik bernama Anisha Rosnah binti Adam.

Dunia mengenal Mateen sebagai pangeran Brunei yang ganteng. Wajar, karena Mateen mengaliri sebagian darah Brunei dan sebagian lagi darah Jepang dan Inggris, dari garis keturunan ibunya.

Ibu Mateen merupakan mantan istri kedua Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah bernama Mariam binti Abdul Aziz.

Kini antara Sultan Brunei dan Mariam sudah tidak lagi dalam ikatan pernikahan, Sultan menceraikan Mariam sejak 2003 lalu atau sekitar 20 tahun silam.
 
Kembali ke Mateen, karena merupakan hasil gen campuran, Mateen memang memiliki penampilan yang berbeda, ganteng, punya fisik tubuh bagus dan tentunya juga kaya raya.

Secara garis keturunan, Mateen merupakan anak ke 10 dari Sultan Brunei.

Mateen juga cukup menonjol karena dalam banyak kesempatan ia sering mendampingi sang ayah dalam berbagai tugas kenegaraan di luar negeri.

Sekilas, dunia melihatnya sebagai calon raja Brunei Darussalam berikutnya, menonjol karena sering mendampingi sang ayah untuk menghadiri acara-acara resmi kenegaraan di luar negeri.

Namun kenyataannya, bukan Mateen calon Sultan Brunei di masa depan. Mateen secara garis keturunan masih jauh dari posisi sebagai calon raja. Karena ia masih memiliki kakak laki-laki dari pernikahan sang ayah dengan istri pertamanya bernama Saleha.

Siapakah Calon Sultan Brunei Berikutnya?

Ternyata adalah anak ke 3 Sultan Hassanal Bolkiah atau anak laki-laki pertama sang Sultan bernama Pangeran Al-Muhtadee Billah.
Pangeran Al-Muhtadee Billah merupakan anak dari pernikahan Sultan dengan istri pertamanya, Soleha.

Selanjutnya, calon Sultan Brunei berikutnya adalah anak laki-laki dari Pangeran Al-Muhtadee Billah yaitu Pangeran Abdul Muntaqim dan Pangeran Muhammad Aiman.

Tentu saja, tiga nama ini adalah calon penerus kekuasaan kerajaan Sultan Brunei di masa depan, bukan Mateen.

Kemudian, sebelum Mateen, masih ada calon penerus tahta lainnya yaitu Pangeran Abdul Malik, anak laki-laki kedua Sultan Hassanal Bolkiah, juga masih anak dari istri pertamanya.

Sosok Calon Sultan Brunei Berikutnya

Namanya Pangeran Al-Muhtadee Billah. Usianya sekarang 49 tahun, ia lahir di Bandar Seri Begawan pada 17 Februari 1974.

Saat berusia 24 tahun, Pangeran Al-Muhtadee Billah Bolkiah resmi dikukuhkan sebagai Putra Mahkota.

Secara penampilan, ia termasuk sosok yang tenang dan berwibawa.


Pangeran Al-Muhtadee Billah calon Sultan Brunei berikutnya--

Pangeran Al-Muhtadee merupakan alumni Universitas Oxford Inggris.

Sejak menjadi putra mahkota, ia pun mulai mendapat tugas sebagai calon pemimpin masa depan Brunei.

Ia juga sudah seringkali hadir dalam banyak kegiatan di luar negeri, mewakili Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Bahkan juga beberapa kali menyampaikan pidato dalam ajang internasional. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: