Religiusitas Pengaruhi Perilaku Kepemimpinan, Disertasi Musthafa Luthfi Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja

Religiusitas Pengaruhi Perilaku Kepemimpinan, Disertasi Musthafa Luthfi Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja

Musthafa Luthfi saat memaparkan disertasi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kinerja organisasi, melalui nilai-nilai religiusitas dan komitmen organisasi di pemerintahan Provinsi Jambi. Disertasi tersebut diangkat dan disajikan sebagai karya ilmiah oleh Musthafa Luthfi dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB-Unja). Menurutnya, Disertasi ini dasarnya sesuai dengan tingkat pendidikan dirinya.

“Saya berasal dari pendidikan Strata 1 Agama, Strata 2 Manajemen Sumber daya manusia dan Strata 3 juga Manajemen Sumber daya manusia. Sehingga perilaku kepemimpinan terhadap kinerja, saya akan coba melihat dari nilai religiusitas. Lalu variabel komitmen hasil pengembangan dari tesis strata 2, selanjutnya  hasil kinerja pemerintahan dalam hipotesa awal belum optimal, ada beberapa indikator yang membuat tidak optimal,” papar Musthafa Luthfi, Sabtu (6/1).


Foto bersama Musthafa Luthfi dan keluarga, Ketua Sidang, Sekretaris, Promotor, para Co Promotor dan Penguji--

Indikator yang dimaksudnya antara lain, laporan awalnya dari beberapa indokator berjalan dengan baik, namun terdapat hipotesa yang melemahkan dan perlu dilakukan perbaikan, sehingga dapat terlihat variabel mengenai baiknya kinerja. Harapan dari hasil disertasi ini melalui bidang akademisi, akan menjadi sebuah keilmuan baru. Karena selama ini banyak berbicara nilai religiusitas semuanya dapat dikatakan baik dan berpengaruh, namun hasil penelitiannya mengatakan, ketika perilaku kepempinan terhadap kinerja organisasi melalui moderasi nilai religiusitas terjadi penurunan.


Musthafa Luthfi dan istri--

“Menurunnya ini bukan orang tidak beragama, tapi kinerjanya yang kurang, akibat dari dimensi etos kerja. selanjutnya bagi peneliti lain tentu ada kajian variabel lain, dan berharap ada penelitian selanjutnya dalam perbaikan organisasi. lalu bagi pemerintah, kita memberikan masukan bahwasanya ada variabel yang membuat niliai religiusitas organisasi itu menurun, kita berharap akan berikan masukan-masukan,” jelas suami dari Rahayu, SE.,M.Sc.,Ak.,CA (komisaris Indepeden Bank jambi ini.

Sementara, Promotor Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A mengungkapkan, penelitian yang dilakukan Musthafa Luthfi sangat luar biasa karena mampu melihat kinerja dan perilaku dari kepemimpinan, terhadap kinerja organisasi di pemerintahan Provinsi Jambi. kinerja organisasi dipengaruhi oleh perilaku kepemimpinan.


Musthafa Luthfi dan rekan doktor alumni Prodi Doktor Ilmu Ekonomi--

“Behavior dari kepemimpinan yang ada di Provinsi Jambi mulai dari gubernur hingga camat dan lurah. Bila ini masuk pada variabel religiusitas sebagai variabel moderasi menjadi menurun kinerjanya, ini yang dijawab. Artinya bahwa pemerintah kita harus memantapkan religiusitas semua aparat yang terlibat dalam pemerintahan, bukan saja dalam bentuk rukun, tapi harus diimplementasikan dikehidupan sehari-hari,” urai Promotor Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A.

“Ini bertujuan untuk membalikkan agar perilaku kepemiimpinan oleh religiusitas. Kinerja dengan komitmen pun akan lebih baik lagi,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Sidang yang juga Dekan FEB-Unja Prof. Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si mengatakan, perdebatan akademis bertujuan untuk membuka kebenaran dan menemukan sesuatu secara akademis dan praktis, sehingga promovendus layak atau tidak dipromosikan menjadi doktor.

“Penilaian dari promosi doktor bukan dinilai saat ini saja, namun selama proses bimbingan dan dari masukan dosen-dosen yang mengajar mata kuliah. Kita harap promovendus membawa nama baik program Doktor Ekonomi bagi masyarakat. Maka kami bersepakat setelah melalui diskusi untuk menyatakan saudara lulus dengan nilai 80,78 atau A,” tandas Ketua Sidang yang juga Dekan FEB-Unja Prof. Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si.

Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja bertindak selaku Sekretaris yang juga Ketua Prodi Doktor Ekonomi Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.Si, Penguji Eksternal yang merupakan Guru Besar Universitas Bengkulu Prof. Dr. Lizar Alfansi, MBA, Co Promotor Dr. Sulfina Adriani, S.E.,M.Sc, Penguji Prof. Dr. Drs. Syahmardi Yacob, MBA dan Penguji Dr. Idham Khalik, S.E.,M.M. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: