Netizen Riuh Tak Ada Tokoh Bungo yang Dapat Gelar Adat dari LAM Jambi

Netizen Riuh Tak Ada Tokoh Bungo yang Dapat Gelar Adat dari LAM Jambi

Netizen riuh karena tak ada satu pun tokoh asal Bungo yang dapat gelar adat melayu Jambi dari LAM-Foto: Screenshoot-

MUARA BUNGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sejumlah warga kabupaten Bungo menumpahkan kekesalannya di media sosial seperti facebook terkait tidak adanya tokoh kabupaten Bungo mendapatkan penghargaan dari Lembaga Adat Melayu (LAM) provinsi Jambi.

Seperti diketahui, pada Kamis (4/1/2024) kemarin LAM provinsi Jambi menganugerahkan gelar adat melayu Jambi kepada 13 Tokoh Nasional di provinsi Jambi.

"Sayo selaku masyarakat kab. Bungo mempertanyakan kepada Ketua Lembaga Adat melayu Jambi, Hasan Basri Agus mengapa tidak satupun orang kab. Bungo mendapatkan gelar adat di Jambi," tulis akun FB bernama Rio Afrizal.

"Contoh Bupati 2 Periode dan anggota DPR RI 2 periode H. Zulfikar Achmad tidak dapat gelar adat seperti yang lain. Tolong jelaskan kategori apa saja yang bisa mendapat gelar adat tersebut di prov Jambi ni. Biar kami dari kabupaten Bungo ni tau jugo kategori yang bisa dapat gelar adat ini. Agar kami kabupaten Bungo ni tau juga bentuk dan prestasi org2 nya yang bisa dan layak dapat gelar adat di provinsi Jambi," sambung akun tersebut dengan emotioin menangis.

Akun FB lainnya bernama Rahmad Hidayat juga mempertanyakan keputusan LAM Provinsi Jambi yang tak memperhitungkan satupun tokoh kabupaten Bungo.

"Sayo selaku masyarakat kab. Bungo mempertanyakan kepada Ketua Lembaga Adat melayu Jambi, Hasan Basri Agus mengapa tidak satupun orang kab. Bungo mendapatkan gelar adat di Jambi. Contoh Bupati 2 Periode dan anggota DPR RI 2 periode H. Zulfikar Achmad tidak dapat gelar adat seperti yang lain. Tolong jelaskan kategori apa saja yang bisa mendapat gelar adat tersebut," tulis akun tersebut dengan menyertakan surat keputusan LAM Jambi dan Foto H. Zulfikar Achmad.

Pengukuhan pemberian gelar adat melayu Jambi itu dipimpin oleh Ketua Umum LAM Provinsi Jambi Hasan Basri Agus  Datuk Tumenggung Putro Jayodingrat. Dan penyisipan keris dilakukan oleh Pembina LAM yang juga Gubernur Jambi Al Haris.

Dalam penganugerahan ini terdapat 6 gelar kategori utama kepada tokoh nasional. Berikut nama dan gelarnya

1.Wamenaker RI, Afriansyah Noor dianugerahi gelar Bandar mudo Pengimbang rajo
2. Anggota DPR RI, Sutan Adil Hendra bergelar Bandar Mulio Utamo
3. Anggota DPR RI Bakri bergelar Bandar Suko Negeri
4. Anggota DPD RI, Syukur bergelar Depati Satrio Budaya Begeri
5. Mantan Pangdam Sriwijaya Letjen TNI
 Hilman hadi bergelar  Hulubalang Jayo dilaporkan
6. Letjen TNI (Purn) Sudirman, bergelar Hulubalang Setia Alam.

Lalu ada pula penganugerahan kategori madya kepada tokoh nasional
1. Laksmana Muda Nazali Lempo bergelar Depati Panglimo Cendio Negoro
2. Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi hartono bergelar Hulubalang Sakti Utama
3. Kapolda Bengkulu Irjen pol Armed Wijaya bergelar Hulubalang Setia rajo
4.Mayjen Muhammad Zamroni bergelar Hulubalang pati negeri
5.Mantan Danrem 042 Garuda Putih Mayjen Zulkifli bergelar Hulubalang Batuah Negeri
6. Mantan Danrem 042 Garuda Putih
Mayjen Supriono bergelar Hulubalang Suko Negeri.

Selain itu adapula penghargaan karang setio, yang diberikan pada tokoh nasional perempuan yang bergelar Datin. Yakni kepada anggota DPD RI Elviana.(aes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: