Jejak Prestasi Akademik UNJA di Dunia Internasional

Jejak Prestasi Akademik UNJA di Dunia Internasional

Jejak Prestasi Akademik UNJA di Dunia Internasional--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) semakin mencuri perhatian di kancah akademik internasional dengan sejumlah pencapaian gemilang. Baik dari prestasi mahasiswa, dosen, kelompok kegiatan, hingga jurnal yang bernaung di bawah UNJA, semuanya turut meramaikan panggung keberhasilan universitas ini di dunia.

Dalam rentang bulan Desember 2023 saja, UNJA berhasil mengukir sejumlah prestasi dan partisipasi yang membanggakan. Salah satu sorotan terbesar adalah pencapaian Tiara Dwi Aninda, mahasiswi FKIP UNJA, yang menjadi Perwakilan Jambi dalam ‘Regional Dialogue on Youth Actions against Child Marriage’ yang diselenggarakan oleh United Nations Fund for Population Activities (UNFPA) PBB.

Tiara, yang berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, terpilih sebagai perwakilan Provinsi Jambi dalam acara Regional & National Dialogue on Youth Actions against Child Marriage & Harmful Practices yang berlangsung di Four Star by Trans Hotel Bali pada 17-20 November 2023. Keikutsertaannya bersama 30 peserta lain dari berbagai provinsi di Indonesia.

Bukan hanya itu, 86 mahasiswa UNJA juga mendapatkan peluang magang di Jerman melalui “Ferienjob Program in Germany,” yang berlangsung dari Oktober hingga Desember 2023. Program tersebut memungkinkan mahasiswa untuk mengunjungi Jerman dan mendapatkan pengalaman kerja selama 3 bulan, sambil diliburkan dari kegiatan akademik di kampus UNJA, dan diakui sebagai kegiatan dalam Mendukung Kemahasiswaan Berbasis Kampus (MBKM).

Prestasi lain yang patut dibanggakan adalah kerjasama UNJA dengan Chulalongkorn University Thailand. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNJA dan The Halal Science Center Chulalongkorn University Thailand menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Konferensi Internasional Sains Halal dan Bisnis Halal ke-16 (IHSATEC) di Bangkok pada 2 Desember 2023. Kesepakatan tersebut mencakup berbagai program akademik, mulai dari kunjungan profesor tamu, kolaborasi penelitian, hingga pertukaran mahasiswa.

Sementara di bidang jurnal ilmiah, UNJA berhasil mencetak sejarah baru dengan terindeksnya jurnal IFSTJ FAPERTA UNJA di Scopus. Jurnal Ilmiah Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNJA, yaitu Indonesian Food Science and Technology Journal (IFSTJ), berhasil mendapatkan indeks dari Scopus dengan nomor Register ISSN/E-ISSN: 2615-367X.

Keberhasilan ini menjadikan IFSTJ sebagai jurnal kedua di bidang pangan di Indonesia yang terindeks Scopus setelah Jurnal Canrea Journal: Food Technology, Nutritions, And Culinary Journal dari Universitas Hasanudin Makassar.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras Chief Editor, Prof. Addion Nizori, S.TP., M.Sc., Ph.D., bersama rekan-rekan editor dan reviewer dalam menjaga kualitas artikel dan halaman website jurnal. IFSTJ fokus pada perkembangan penelitian di bidang Pangan Sains dan Teknologi, mencakup berbagai aspek seperti kimia pangan, pengolahan dan rekayasa pangan, mikrobiologi pangan, keamanan pangan, nutrisi pangan, pangan fungsional dan nutraceutical, serta kebaruan dan inovasi pangan.

Selain itu, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) Universitas Jambi (UNJA) berhasil meraih akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Akreditasi FIBAA yang diperoleh FH UNJA berlaku selama 5 tahun ditetapkan pada tanggal 29 November 2023 sampai dengan 28 November 2028.

Rangkaian prestasi ini menunjukkan komitmen UNJA dalam mengembangkan jaringan akademik global yang solid dan memperluas horison pendidikan lintas budaya. Dengan prestasi ini, UNJA semakin meraih kehormatan sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia yang dikenal di kancah internasional. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: