Hasan Basri Agus (HBA) Sangat Sering Kunjungi Dapil

Hasan Basri Agus (HBA) Sangat Sering Kunjungi Dapil

Hasan Basri Agus (HBA) dan penulis Abdul Bari Azed (ABA) foto ist/je-IST/JE-

Dalam masa jabatan beliau sebagai Gubernur Jambi (2010-2015) dari sekian banyak program Jambi Emas (Terwujudnya Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera) tentu saja publik sangat mengapresiasi pembangunan Jembatan Gentala Arasy yang menghubungkan Kota Jambi dan Jambi Kota Seberang yang merupakan ikon Provinsi Jambi, setiap tamu atau wisatawan yang datang ke Jambi akan melewati jalan pagi di gentala Arasy, serta proyek monumental yang kedua adalah Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi yang tidak kalah dibandingkan dengan Bandara di kota-kota besar lainnya.

Ada bebarapa catatan yang membuat HBA mengalami kekecewaan dalam bidang politik namun beliau tidak merasa kecewa dan bahkan kegagalan itu menjadi pemicuh pada dirinya untuk lebih sukses selanjutnya.

Pertama pada era reformasi tahun 1998 seiring dengan pergantian sejumlah Kepala Daerah di Provinsi Jambi kompetensi dan loyalitas HBA terus diperhitungkan oleh banyak pimpinan daerah pada saat itu, waktu itu HBA ikut Konvensi Golkar untuk memperebutkan posisi sebagai calon wakil Gubernur dari Golkar, waktu itu yang ikut berkompetisi ada 6 orang, ibu Azizah Daryati Uteng, Burhanudin Mahir, Aziz Yusuf, Antony Z Abidin, Asyafri Jaya Bakrie, dan HBA, kemudian dari hasil seleksi oleh tim sebelas DPP Golkar terdiri dari Muladi, Andi Mattalata dll. Kemudian DPP Golkar memutuskan 3 nama yaitu : Azizah Daryati Uteng, Antony Z Abidin dan HBA, tiga calon ini di wawancarai oleh Jusuf Kala sebagai Ketua Umum Golkar pada saat itu, Ahirnya yang terpilih sebagai calon wakil Gubernur adalah Antony Z Abidin yang mendampingi Calon Gubernur Zulkifli Nurdin

Kedua, kekecewaan kedua yang dialami HBA adalah pada waktu Pemilihan Gubenur pada Tahun 2015 dimana HBA berpasangan dengan Edi Purwanto melawan Zumi Zola-Fachrori Umar mengalami kekalahan HBA-Edi Purwanto memperoleh suara sah 639.075 (39,75%) sedangkan Zumi Zola-Fachrori Umar memperoleh suara sah 968.497 (60.25%). (lihat tabel 2)

 

Dalam perjalan politik selanjutnya HBA mengikuti Pemilihan Umum legislatif (PILEG) pada tahun 2019 HBA terpilih sebagai anggota DPR-RI masa bakti 2019-2024 dari Partai Golkar dapil Provinsi Jambi dengan perolehan Suara Sah sejumlah 200.291 (lihat table 3)

Sebagai anggota komisi VIII dari fraksi Partai Golkar HBA sangat aktif berkunjung kedaerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jambi disamping juga HBA sangat rajin mengikuti sidang-sidang DPR baik di sidang Komisi, disidang Pansus, maupun studi banding keluar negeri.

Belum lama ini di musim haji tahun 2023 ini beliau meninjau pelaksanaan musim haji dan dari hasil kunjungan itu beliau melancarkan saran kepada menteri agama untuk perbaikan serta penyempurnaan penyelenggaraan haji bagi jamaah Indonesia. Dalam beberapa tahun terkahir ini HBA setiap kunjungan kedaerahnya (Dapil) direkam di dalam POJOK HBA dari yang terakhir video Pojok HBA itu sudah mencapai angka 500.

Disamping Pojok HBA beberapa media sosial lokal juga meliput berita kunjungan HBA seperti : mengunjungi daerah terpencil, meninjau pondok pesantren, mengunjungi teman-teman lamanya dan masyarakat. Beliau juga sangat rajin mebesuk warga masyarakat Jambi yang sakit baik dirawat dirumah maupun dirumah sakit, menyelawat dan menyolati warga masyarakat yang meninggal dunia.

penulis disini menurunkan beberapa media sosial lokal yang memberitakan gegiatan HBA beberapa minggu terakhir antara lain yang sempat penulis kutip, Borong Habis Sayuran di Kebun Azwar, Ini Alasan HBA! https://jambilink.com/borong-habis-sayuran-di-kebun-azwar-ini-alasan-hba/,  Taklukkan Jalan Terjal, HBA Sambangi Warga Desa Taman Bandung Sarolangun https://jambilink.com/taklukkan-jalan-terjal-hba-sambangi-warga-desa-taman-bandung-sarolangun/ , Berkunjung ke Rumah Duka Tokoh Masyarakat di Sarolangun, HBA Beri Pesan untuk Saling Menyayangi

https://jambilink.com/berkunjung-ke-rumah-duka-tokoh-masyarakat-di-sarolangun-hba-beri-pesan-untuk-saling-menyayangi/,

Perjalanan HBA ke Pangkal Bulian: Rela Tempuh Medan Sulit Demi Aspirasi Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: