FST UIN STS Jambi Miliki Pojok Statistik, Tempat Asyik Belajar Dan Akses Informasi Statistik

FST UIN STS Jambi Miliki Pojok Statistik, Tempat Asyik Belajar Dan Akses Informasi Statistik

Foto Bersama, peresmian Pojok Statistik UIN STS Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pojok Statistik UIN STS Jambi resmi hadir dan beroperasi berlokasi Fakultas Sains dan Teknologi pada Program Studi Statistik.

Hadirnya pojok statistik di FST merupakan implementasi perjanjian kerjasama (PKS) antara Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi dengan UIN STS Jambi khususnya FST UIN STS Jambi.

Peresmian pojok statistik ini dilakukan langsung Dekan FST UIN STS Jambi, Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I.,M.H.,Ph.D dan Kepala  BPS Provinsi Jambi Agus Sudibyo, M.Stat, Kamis (28/12) dilantai 6 Gedung GMPU 9 Lantai UIN STS Jambi.

“Dengan hadirnya pojok statistika di FST UIN STS Jambi kita harapkan dapat membantu civitas UIN STS Jambi dan masyarakat umum dalam memperoleh layanan statistic,” jelas Dekan FST UIN STS Jambi.


Pojok Statistik resmi hadir di UIN STS Jambi--

Pojok Statistika juga akan menjadi laboratorium utama mahasiswa Prodi Statistika seperti konsultasi statistik dan mengakses data-data statistik yang bersumber atau  disediakan oleh Kantor BPS Provinsi Jambi.  

“Pemanfaatan data statistik ini juga sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan Tridaharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.” tambah Dekan.

Hadirnya Pojok Statistik FST UIN STS Jambi merupakan inisiatif mandiri FST yang disupport langsung BPS Provinsi Jambi. Dimana ini merupakan langkah awal yang akan dilanjutkan pada tahun 2024, yang akan dibantu oleh BPS Provinsi Jambi dalam pembuatan Pojok Statistik yang lebih lengkap dan menggunakan platform digital  dan metaverse.

“Kami berharap Pojok Statistik ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh civitas akademika UIN STS Jambi dan insan pengguna statistika tidak hanya Prodi Statistik FST tetapi juga fakultas lain di UIN STS Jambi. Data adalah sesuatu yang penting sekali bagaimana kita memahami sebuah pola, kita merumuskan sebuah formula itu basisnya adalah data,” kata Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I.,M.H., Ph.D.

Sejalan dengan itu, Agus Sudibyo, M.Stat, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menyampaikan UIN STS Jambi menjadi kampus kedua di Jambi yang memiliki Pojok Statistik. 

Pojok Statistik ini adalah strategi BPS untuk mendekatkan data-data ini ke pengguna data, karena segmen terbesar pengguna data itu mahasiswa atau akademisi. 

“Mudah - mudahan data yang sudah dikumpulkan dengan biaya yang besar dan kerja keras yang cukup tinggi, bisa menghasilkan manfaat yang besar juga.” jelas Agus Sudibyo, M.Stat, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi.

Pojok Statistik merupakan layanan kolaborasi antara Badan Pusat Statistik (BPS) dengan perguruan tinggi, yang berfungsi sebagai media layanan dan promosi statistik di lingkungan universitas,  serta bertujuan untuk meningkatkan literasi data melalui penyelenggaraan layanan, dan promosi yang optimal khususnya untuk segmen akademisi. 

Pada tahun 2024, BPS Provinsi Jambi akan mencoba melakukan expos perdana pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi dengan menghadirkan stakeholder yang bertempat di UIN STS Jambi. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: