Nataru 2023/2024, Dua Ruas Tol JORR 2 Beroperasi Gratis

 Nataru 2023/2024, Dua Ruas Tol JORR 2 Beroperasi Gratis

Nataru 2023/2024, Dua Ruas Tol JORR 2 Beroperasi Gratis-DOk Kemenpupr-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dua Ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 telah beroperasi dan tersambung dalam rangka mendukung kelancaran konektivitas Jalan Tol di Jabodetabek.

Kedua ruas tol tersebut adalah Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3B Junction Krukut - Cinere (2,2 Km) dan Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 2 Pamulang - Cinere (3,64 Km).

Pengoperasian kedua ruas tol tersebut mulai dioperasikan pada Jumat 22 Desember 2023 pukul 00.00 WIB untuk semua golongan kendaraan dan saling terhubung satu dengan lainnya yang juga tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2. 

Pengendara wajib membawa kartu uang elektronik, khusus untuk Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 1 hingga 3A Jagorawi - Junction Krukut yang telah beroperasi sejak lama tetap berbayar sesuai tarif yang telah ditentukan, begitu pula Jalan Tol Serpong - Cinere yang juga telah beroperasi sejak lama dari Serpong hingga Pamulang juga tetap melakukan pembayaran sesuai tarif yang telah ditentukan.

Selanjutnya kedua ruas tol yang mulai dioperasikan dan belum bertarif ini akan memudahkan akses warga Bogor dan Depok yang hendak menuju ke Bandara Soekarno-Hatta. Sehingga Jarak dari wilayah Cimanggis, Depok, menuju bandara sekitar 50 Km dengan kecepatan kendaraan 80 Km per jam, bisa ditempuh hanya sekiar 20-30 menit saja.

Jalan Tol Cinere - Jagorawi membentang sepanjang 14,9 Km yang terdiri dari 3 (tiga) seksi, yaitu seksi 1 menghubungkan Jagorawi - Raya Bogor sepanjang 3,70 Km telah beroperasi pada Januari 2012, sedangkan seksi 2 menghubungkan Raya Bogor - Kukusan sepanjang 5,50 Km telah beroperasi pada September 2019 lalu. 

Kemudian untuk seksi 3A Kukusan -  Junction Krukut sepanjang 3,50 Km telah beroperasi sejak akhir tahun 2022 lalu, dilanjutkan seksi 3B Junction Krukut - Cinere sepanjang 2,2 Km.

Jalan Tol Cinere - Jagorawi akan menghubungkan beberapa ruas tol JORR 2 lainnya, yakni di sisi Barat Jalan Tol Serpong - Cinere, Jalan Tol Cengkareng - Kunciran, dan di sisi Timur Jalan Tol Kunciran – Serpong, Jalan Tol Cimanggis - Cibitung dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing, serta terkoneksi dengan beberapa ruas tol lainnya seperti Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Depok - Antasari.

Dengan adanya Jalan Tol Cinere - Jagorawi, pergerakan dari Bogor ke Jakarta akan semakin lancar, yakni dapat ditempuh dengan waktu berkendara 45 menit saja. Selain itu juga diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, juga akan mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok.

Kemudian Jalan Tol Serpong - Cinere telah sebelumnya telah beroperasi Seksi 1 Jalan Serpong - Pamulang sepanjang 6,50 Km sudah beroperasi sejak April 2021. Kemudian bertambah Seksi 2 Pamulang - Cinere dengan tambahan 3,64 Km telah tersambung, sehingga total Jalan Tol Serpong - Cinere yang telah beroperasi menjadi 10,14 Km.

Jalan Tol JORR 2 berperan penting dalam menambah alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten, sehingga pengguna jalan yang tinggal di sekitar Jabotabek juga dapat menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota baik dari arah Tanjung Priok maupun arah Cawang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: