Pemprov Jambi Resmi Launching Aplikasi SRIKANDI

Pemprov Jambi Resmi Launching Aplikasi SRIKANDI

Sambutan Kepala DPAD Provinsi Jambi, H.M Iskandar Nasution, S.H.,M.Si--

Aplikasi SRIKANDI yang dilaunching adalah untuk mendukung transformasi digital dalam mengembangkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), kompetensi pada pengelolaan data dan informasi. Ditahun 2023 ini pun direncanakan akan dilakukan aksi percepatan impelementasi SRIKANDI dikementerian, lembaga hingga pemda.


Menyanyikan lagu Indonesia Raya--

"Pemerintah memiliki target prioritas nasional. Tercatat hingga akhir November jumlah kementerian, lembaga dan daerah yang menerapkan Aplikasi SRIKANDI sebanyak 588, dengan rincian 141 instansi pusat, 35 pemerintah provinsi dan 412 pemerintah kabupaten/kota. Jumlah penggunanya 2.718.590 ASN dan jumlah naskah dinas yang disimpan di Pusat Data Nasional sebanyak 41.516.328 arsip. Harapan kami penerapan Aplikasi SRIKANDI dilakukan penuh oleh pemerintah Daerah," urainya.

Wagub Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan, aplikasi SRIKANDI dan TTE memang harus dilakukan seiring perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerapan aplikasi tersebut akan meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas.

"Kita mengimplementasikan  aplikasi SRIKANDI, serta penggunaan TTE sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang mendukung tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Aplikasi SRIKANDI merupakan hasil kolaborasi ANRI, Kemen PAN-RB, Badan Siber Negara, dan Kementerian Kominfo," urai Wagub Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I.

Diharapkan setelah launching, aplikasi SRIKANDI bisa dimanfaatkan secara optimal, penerapannya dan dapat meningkatkan akuntabilitas, arsip yang ada pun akan terekam dengan baik serta memangkas birokrasi dan membasmi korupsi pelayanan.

"Aplikasi SRIKANDI bisa dimanfaatkan dengan baik, karena tidak lagi menggunakan kertas, tandatangan pun bisa dilakukan secara elektronik yang diakses secara online, semoga aplikasi SRIKANDI dapat meningkatkan indeks kearsipan dimasing-masing instansi," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan Pemberian Penghargaan Terbaik Pengelolaan Kearsipan kepada Perangkat Daerah di lingkup pemrov jambi  dan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota diProvinsi Jambi. Kegiatan dilanjutkan talkshow bersama Deputi Pembinaan Kearsipan ANRI Dra. Desi Pratiwi, MIM didampingi Kepala DPAD Provinsi Jambi H.M Iskandar Nasution, S.H.,M.Si, Kabid Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan Hj. Zusmaini, S.E dan neneng Ridayanti  sebagai  moderator. Kegiatan talkshow dihadiri Sekretaris DPAD Provinsi Jambi Amir Muslim, S.Pd.,M.M, Kepala Perpustakaan Kabupaten/Kota dan pejabat struktural dan fungsional Arsiparis beserta staf DPAD Provinsi Jambi .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: