Motor Kebanjiran, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Pengendara

Motor Kebanjiran, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Pengendara

Dalam musim penghujan ini, ada beberapa daerah atau jalanan yang kurang tinggi di Jambi terendam banjir. Akibatnya banyak kendaraan roda dua atau motor yang terendam air hujan dengan waktu yang cukup lama.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Dalam musim penghujan ini, ada beberapa daerah atau jalanan yang kurang tinggi di Jambi terendam banjir. Akibatnya banyak kendaraan roda dua atau motor yang terendam air hujan dengan waktu yang cukup lama.

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan dikarenakan hal tersebut, kami akan memberikan beberapa tips penanganan berupa pengecekan beberapa komponen yang tidak terlalu ribet atau bisa dilakukan sendiri oleh pemilik motor.

Untuk itu berikut beberapa hal yang penting untuk diperhatikan jika kendaraan bermotor terkena banjir atau melewati rute jalan yang terkena banjir : 

1. Jangan Menyalakan Mesin.

Hal pertama yang harus dihindari yakni menyalakan mesin. Motor yang terendam banjir ada kemungkinan air sudah tersedot masuk ke dalam mesin lewat saringan udara, knalpot atau bahkan melalui celah-celah kecil.

2. Cek kondisi busi.

Busi bisa dibuka menggunakan kunci busi, kemudian bersihkan lubang dan busi hingga kering dari air. Bila ingin lebih bersih lagi, gunakan bensin untuk membersihkan busi kemudian keringkan sebelum dipasang lagi.

3. Periksa oli

Apakah berwarna seperti susu (milky oil/ada indikasi terkontaminasi air) atau warnanya normal. jika terjadi milky oil, mesin harus dikuras dan di bersihkan dengan oli berulang ulang sampai warna olinya normal. Untuk matic, oli yang harus diperiksa adalah oli mesin & oli transmisi/oli gardan.

4. Pembersihan kampas rem depan dan belakang.

Hal ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan ada pasir yang masuk di area kampas rem.

5. Periksa dan ganti filter udara.

Filter udara merupakan komponen dari motor yang perlu diperhatikan, karena letaknya di bawah dan resiko terkena air apabila melewati banjir.

6. CVT dan Rantai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: