Mantap! Disdik Provinsi Jambi Jadi Tempat Studi Tiru PPDB Disdik Provinsi Sumsel

Mantap! Disdik Provinsi Jambi Jadi Tempat Studi Tiru PPDB Disdik Provinsi Sumsel

Disdik Provinsi Jambi Menerima Kunjungan Studi Tiru Disdik Sumsel Terkait PPDB-Andri. Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi menjadi tempat studi tiru (visitasi) peningkatan mutu, kinerja dan kegiatan program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) oleh Disdik Provinsi Sumatera Selatan. Banyak hal yang akan diadopsi rombongan Provinsi tetangga dari Jambi kedepannya.

Kunjungan lintas Provinsi antar UPTD BTIKP itu dilakukan pada Selasa 12 Desember 2023, bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. 

Pihak Disdik Provinsi Jambi dipimpin Kepala UPTD Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Jambi Dr. H.M.Thohir ,M.Pd menerima kunjungan 5 orang Tim Disdik Sumsel.

Seusai pertemuan Thohir mengatakan, pihaknya berbagi praktek baik terkait penerapan PPDB. "Terimakasih atas kedatangan dan kepercayaannya kepada Pemprov Jambi. Mungkin yang baik-baik terkait PPDB bisa diadopsi dan disesuaikan dengan kondisi di Sumatera Selatan," ucap Thohir.

Menurut Thohir, salah satu yang bisa diadopsi dari Disdik Jambi bisa bekerja sama dengan banyak pihak. Misalnya terkait zonasi bekerja sama dengan Kepala SMP, Pengawas, MKKS, Lurah dan Camat. 

Selain itu, Disdik Jambi juga bekerja sama dengan penyedia jaringan yang menguasai sistem seperti Telkom. "Sehingga dengan kemudahan itu bisa juga digunakan di Sumsel," kata Thohir.

Sementara itu pimpinan rombongan Disdik Sumsel Dra. Poniyem, M.pd mengatakan Disdik Jambi dipilih jadi tempat studi tiru lantaran sudah menerapkan praktek baik dalam sistem PPDB. 

"Kami nilai Jambi cukup bagus, sehingga kami berupaya mengadopsi apa saja sistem, proses dan siapa saja yang dilibatkan. Dan akan kami terapkan di Sumsel karena kondisi Jambi dan kami tak terlalu beda," terang Kepala UPTD BTIKP Sumsel ini.

Kondisi yang dimaksud Poniyem, seperti jarak sekolah yang jauh dengan masyarakat. "Karena sistem zonasi ini berbeda dengan daerah lain, kalau Jambi ini kan agak sama dengan Sumsel," akunya.

Ia menyatakan, PPDB di Jambi sudah sekian tahun berjalan bagus dan akan diadopsi didaerahnya kedepan. Dengan tetap mempedomani aturan yang berlaku dari Kemendikbud RI.

Dalam pertemuan ini dari pihak Disdik turut mendampingi Kasi Peserta Didik SMA Sumantri, Kasi Peserta Didik SMK Ibrahim, serta Kasubbag BTIKP yang juga PPTK PPDB tahun 2023 M.Kurdi Z.

Sementara dari pihak Disdik Sumsel hadir Kasi Peserta Didik SMA Anang Purnomo K.ST,  Plh Kasubbag Tata Usaha Leni Maryani S.Pd, Pembina Karakter Peserta Didik SMK Yulis Setiawati, S.Pd, Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Pratama Arfansah, S.Kom,M.Kom. Serta Mulyadi dan Yustika Dewi.(aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: