Seminar Nasional MIH FH UNJA, Bahas Solusi Pencemaran Lintas Batas Negara

Seminar Nasional MIH FH UNJA, Bahas Solusi Pencemaran Lintas Batas Negara

Seminar Nasional MIH FH UNJA, Bahas Solusi Pencemaran Lintas Batas Negara--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Jambi (UNJA) mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Pencemaran Lintas Batas Internasional Akibat Kebakaran Hutan” berlangsung di Aston Hotel Jambi, pada Sabtu (25/11/2023).

Seminar nasional ini dihadiri oleh Gubernur Jambi yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jambi, H. Sudirman, S.H., M.H. , Dekan Fakultas Hukum UNJA Dr. Usman, S.H., M.H. , Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum UNJA Dr. Taufik Yahya, S.H., M.H. Adapun ketua pelaksana pada kegiatan ini Dr. H. Syamsir, S.H., M.H. dan dihadiri oleh Guru Besar dan Dosen di lingkungan Fakultas Hukum UNJA.

Serta menghadirkan langsung dua narasumber yaitu, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia), dan Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Jambi), dengan moderator Dony Yusra Pebrianto, S.H., M.H.

Adapun tujuan dari diadakannya seminar nasional ini yaitu untuk memberikan pemahaman dan memberikan solusi bagaimana agar bisa mengatasi pencemaran akibat kebakaran itu sendiri dan termasuk pencemaran antar negara serta upaya untuk mengatasi kebakaran hutan yang ada di indonesia.

Dalam sambutannya Sekda H. Sudirman, S.H., M.H. menyampaikan apresiasi dan harapannya terkait Seminar nasional ini. “Kami atas nama Pemerintahan Provinsi Jambi sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kebakaran hutan dan lahan ini menjadi bagian prioritas persoalan yang sering kali dihadapi oleh pemerintahan dan mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini bisa sama-sama kita cari solusi yang konkret serta dengan sinergi dan kerjasama masalah-masalah tentang kebakaran hutan dan lahan bisa kita atasi,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Hukum UNJA Dr. Usman, S.H., M.H. Menyampaikan tentang isu-isu yang dibahas pada Seminar nasional ini dan menyampaikan harapannya terkait seminar ini. “Seminar nasional ini untuk menyikapi berbagai masalah lingkungan hidup terutama pencemaran lingkungan lintas batas antar negara karena kebakaran hutan di Indonesia itu dampaknya bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di negara- negara tetangga kita,” ujar Dr. Usman.

Dr. Usman juga mengatakan dampak yang ditimbulkan bukan hanya bagi Indonesia tetapi juga negara tetangga oleh karena itu secara hukum bagaimana penegakan hukum, dan yang kedua bagaimana tanggung jawab negara dan apakah negara lain juga ikut bertanggung jawab terhadap kebakaran di Indonesia. “Jadi itulah isu-isu yang dibahas pada Seminar nasional ini, dan tentunya semoga seminar ini memberikan pencerahan untuk bisa menekan kebakaran hutan khusunya di Provinsi Jambi dan Indonesia pada umumnya,” pungkasnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: