4 Cara Jadi Mahasiswa Magang di Luar Negeri

4 Cara Jadi Mahasiswa Magang di Luar Negeri

Ilustrasi mahasiswa yang berburu peluang magang di luar negeri-Foto: Jambi Ekspres-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Apakah kamu adalah mahasiswa yang sangat ingin menambah pengalaman magang di luar negeri? Simak artikel ini karena akan mengulas cara ikut program tersebut.

Magang di luar negeri jadi mimpi banyak anak muda Indonesia. Tujuannya beragam, sebagai batu loncatan untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri, atau ingin dapat bekal untuk bisa bekerja di luar negeri suatu saat nanti.

Apapun tujuannya, jadi mahasiswa magang di luar negeri butuh kesiapan dalam berbagai hal.

Berikut beberapa jalur dan cara jadi mahasiswa magang di luar negeri.

1. Magang Jalur Program Kampus

Beberapa perguruan tinggi ada yang memiliki kerjasama dengan lembaga tertentu untuk bisa mengirimkan mahasiswanya magang di luar negeri.

Coba cek kampusmu, jika ada, maka magang ke luar negeri bisa kamu ikuti dari jalur kampus sendiri.

Keuntungan mengikuti magang di luar negeri melalui jalur kampus tempat kita kuliah, akan membuat segalanya menjadi lebih mudah, karena semua informasi lebih cepat diperoleh.

Beberapa kampus di Indonesia memang membuka program program international internship, namun juga banyak kampus yang belum memiliki program ini.

2. Magang Jalur Agen

Di Indonesia, ada beberapa lembaga atau agen yang membuka program magang ke luar negeri.

Keuntungan mendaftar magang melalui agen, mahasiswa bisa memilih bidang apa yang diinginkannya dan bisa memilih negara tujuan mana yang diinginkan, karena biasanya agen punya opsi yang lebih lengkap.

Kamu bisa mencari tahu agen-agen yang kredibel melalui internet, atau bisa juga mencari referensi dari mahasiswa magang terdahulu yang pernah mengikuti program serupa ke luar negeri.

Terkadang, agen yang bisa menyalurkan mahasiswa magang di luar negeri juga melakukan roadshow ke kampus-kampus, kamu bisa ikuti kegiatan mereka saat sosialisasi.
 
Atau kamu juga bisa mendatangi event-event expo pendidikan yang diikuti agen-agen tersebut.

3. Magang Jalur Mandiri

Jalur ini bisa dilakukan dengan cara rajin membuka situs-situs perusahaan di negara yang kamu inginkan.
 
Terkadang, beberapa perusahaan juga mengumumkan secara resmi, bahwa mereka membuka lowongan bagi mahasiswa dari berbagai negara untuk menambah pengalaman, magang di perusahaan mereka.

Jalur ini biasanya akan melewati beberapa tahap tes. Mulai dari mengunggah berkas, kemudian wawancara virtual, dan serangkaian tes lainnya, sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

4. Magang Jalur NGO Internasional

Magang jalur NGO (non governmental organization) biasanya juga banyak diburu para mahasiswa karena magang jalur ini biasanya gratis bahkan visa, tiket pergi dan pulang ikut ditanggung. Meski ada juga yang tidak.

Magang jalur NGO Internasional  biasanya dibuka untuk mahasiswa dengan minat masing-masing.

Ada yang membuka peluang magang bidang pendidikan, bidang kesehatan, lingkungan, hak asasi manusia dan berbagai bidang lainnya.

Beberapa NGO biasanya akan mengumumkan peluang magang itu melalui situs resmi mereka maupun melalui akun resmi media sosialnya.

Syarat Magang di Luar Negeri

Syarat utama magang di luar negeri tentu saja bahasa. Jika memang kamu berniat mengikuti magang di negara tertentu, sebaiknya persiapkan bahasanya sejak awal.

Jika ke Jerman, dianjurkan bisa berbahasa jerman, ke China bisa berbahasa Mandarin, ke Eropa, Amerika dan lainnya setidaknya harus bisa berbahasa Inggris.

Menguasai bahasa negara tujuan magang akan memudahkan kamu nantinya dalam beradaptasi.

Terlebih jika magang itu menggunakan syarat bahasa asing, maka akan menguntungkan bagi mereka yang telah belajar tentang bahasa pendukungnya.

Terkadang, sebelum magang, juga digelar program pendalaman bahasa. Ini bisa pula kamu ikuti untuk memperkuat skill bahasa asing kamu.

Syarat lainnya? Sebenarnya semua tinggal mengikuti, mulai dari sehat rohani dan jasmani, dan siap dengan tantangan tidak mundur atau stop di tengah jalan.

Magang di Luar Negeri Bayar atau Gratis?

Kebanyakan program mahasiswa magang di luar negeri memang berbayar. Biaya biasanya untuk  pengurusan dokumen paspor, visa, kemudian tiket pesawat, biaya hidup selama di negara tujuan, dan biaya lainnya.

Namun, kini juga telah banyak program magang yang gartis,  jadi semuanya tergantung program yang sedang berlangsung.

Kemudian juga ada magang yang digaji, meski sudah keluar uang untuk segala biaya-biaya, kemudian perusahaan memberi kamu fee.

Bagi kamu yang ingin mengejar magang di luar negeri secara gratis, salah satu yang bisa kamu kejar adalah magang jalur NGO, atau program magang yang dibuka oleh pemerintah Indonesia dan dibiayai pemerintah serta program-program yang dibuka oleh negara-negara tujuan.

Rajin mencari informasi dan membuka jaringan seluas-luasnya, itu sangat membantu kamu mendapatkan informasi terkait program mahasiswa magang di luar negeri secara gratis.

Bayar atau gratis, sebenarnya ini akan sama-sama berharga bagi kamu yang ingin menambah pengalaman untuk berbagai tujuan.  

Manfaat Jadi Mahasiswa Magang di Luar Negeri:

1.Memiliki surat resmi pengalaman kerja internasional.

Mahasiswa yang selesai magang biasanya akan mendapatkan dokumen legal dari perusahaan tempat ia magang dan ini akan menjadi surat berharga untuk melangkah ke jenjang berikutnya, khususnya bidang dunia kerja di luar negeri.

2.Membuka wawasan dan cakrawala.

Masuk dalam lingkungan kerja di luar negeri walau status magang, ini akan berdampak besar pada pola pikir, wawasan dan juga cakrawala kita. Kita jadi mengetahui budaya kerja di luar negeri dan itu semua bisa berdampak bagi diri kita untuk jangka panjang.

3.Keluar dari zona nyaman.

Hidup di Indonesia mungkin kamu terbiasa dengan segara fasilitas dan kemudahan yang didapat dari lingkungan sekitar. Namun jika berada di luar negeri, kemandirian kamu akan benar-benar diuji, hal ini nantinya akan memberi kamu pengalaman bahwa hidup tak selalu mulus, butuh perjuangan dan perlu kemandirian.

4.Dapat uang.

Jika beruntung, dapat perusahaan yang membayar gaji anak magang, ini bisa menjadi peluang menambah uang. Namun jika dapat perusahaan yang tidak membayar honor, tetap itu akan jadi terbayar, terbayar lunas dengan pengalaman dan juga sejarah hidup.

Bagaimana? Berminat jadi mahasiswa magang di luar negeri? Segera cari informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari sekarang. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: