3 Manfaat Vokalis Coldplay Chris Martin ‘Nyeker’ di Jakarta

3 Manfaat Vokalis Coldplay Chris Martin ‘Nyeker’ di Jakarta

Chris Martin terlihat sumringah nyeker di Jakarta kemarin (14/11)-Foto: IG @coldplay-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Baru sehari sampai di Jakarta, belum pun mulai konser, vokalis Coldplay Chris Martin sudah viral karena melakukan aktivitas yang tidak biasa bagi orang Indonesia yaitu jalan kaki sambil ‘nyeker’.

Mulanya tak ada yang mengetahui kegiatan Chris ini hingga kemudian seorang netizen berhasil merekam video ia sedang serius berjalan kaki di trotoar tanpa alas kaki, diawasi atau dikawal hanya oleh beberapa orang saja.

Video Chris kemudian viral di sosial media. Tak lama kemudian akun resmi Coldplay pun mengunggah aktivitasnya itu melalui dengan caption “Epic walk in Jakarta (Icon Bendera Merah Putih) PH

Sebenarnya apa alasan Chris ‘nyeker’ di Jakarta? nyeker atau dikenal dengan istilah barefoot sebenarnya merupakan cara sehat yang sudah popular sejak zaman dulu, meski kini sudah mulai dilupakan.

Kian berkembangnya zaman, kian keren sepatu-sepatu olahraga diproduksi, aktivitas jalan kaki tanpa alas seperti yang sering disarankan zaman nenek kita dulu, jadi sudah jarang dilakukan. Hingga akhirnya jadi mengejutkan, ketika vokalis band papan atas dunia Coldplay Chris Martin melakukan itu, di Jakarta.

Mungkin bagi orang Indonesia kini, jalan tanpa alas kaki malah jadi kegiatan yang memalukan karena akan jadi pusat perhatian banyak orang.

Namun perlu pula kita ketahui, ternyata barefood atau nyeker ini bisa memberi manfaat pula bagi Kesehatan.

Dilansir dari Halodoc dengan mengambil data dari berbagai, terdapat setidaknya ada 3 manfaat berjalan nyeker tanpa alas kaki bagi Kesehatan.

1. Kurangi Risiko Peradangan dan Lancarkan Darah

Ketika nyeker berjalan tanpa alas kaki, bisa ikut menghilangkan radikal bebas yang memberi manfaat untuk menghilangkan inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Saat kita berjalan tanpa alas kaki, secara otomatis kita akan menggunakan otot tambahan pada tungkai, sehingga kaki mengirimkan sinyal ke otak sekaligus membantu keseimbangan tubuh dan terjadi rangsangan tambahan di seluruh telapak kaki, hal ini akan mendukung lancarnya peredaran darah.

Kita juga bisa merasakan sensasi refleksologi secara gratis. Di negara Cina, para lansia sering diminta berjalan kaki tanpa alas untuk tujuan kesehatan. Sepertinya halnya dengan vokalin Coldplay Chris Martin, banyak pihak yakin ia sengaja nyeker di Jakarta untuk alas an Kesehatan.

2.Baik untuk Kesehatan Jantung

Berjalan kaki tanpa alas sangat baik untuk mengurangi terjadinya pembekuan pada sel darah merah.

Seperti kita ketahui, pengentalan atau pembekuan sel darah merah bisa memicu resiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

Berjalan kaki tanpa sepatu atau hanya telanjang kaki, merupakan salah satu jalan yang bisa diterapkan untuk mendapatkan jantung yang sehat.

3.Tubuh Jadi Lebih Segar

Berjalan kaki tanpa alas kaki juga memberi kebugaran pada tubuh karena beberapa metabolisme yang terjadi seperti pada poin 1 dan 2 di atas.

Hanya saja kita harus tetap memperhatikan kebersihan. Berjalan kaki tanpa alas kaki seperti yang dilakukan vokalis Coldplay Chris Martin di Jakarta tentu rentan berinteraksi langsung dengan kuman maupun bakteri atau bahkan bisa tetanus jika terkena benda berkarat.

Lakukan Perlahan Jangan Ambisius

Disarankan berjalan tanpa alas kaki dilakukan di tempat yang aman, dan mencuci kaki dengan bersih menggunakan sabun anti septic sebelum beraktivitas kembali secara normal.

Dan jika terjadi sesuatu yang tidak beres pada kaki anda, segera konsultasikan ke pusat Kesehatan maupun dokter terdekat.

BACA JUGA:Setelah Makan Jangan Duduk, Coba Jalan Kaki 15 Menit Lalu Rasakan Manfaatnya

Penasaran mencoba? Segera lakukan secara rutin, tak perlu pula terlalu ambisius. Kalau anda adalah pemula, cobalah pelan-pelan dulu karena berjalan kaki tanpa alas akan sangat aneh bagi yang belum pernah melakukannya.

Untuk awal cukup lakukan sekitar 15-20 menit saja, agar telapak dan pergelangan kaki beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Kalau sudah mulai terbiasa, baru naikkan durasi dan jarak tempuhnya. Selamat Mencoba Ya!. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: