Prodi AFI UIN STS Jambi Raih Predikat Unggul

Prodi AFI UIN STS Jambi Raih Predikat Unggul

Prodi AFI UIN STS Jambi Raih Predikat Unggul dari BAN PT--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Program Studi Aqidah Filsafat Islam (AFI) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN STS Jambi resmi mendapatkan predikat Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Predikat ini didapatkan Prodi yang telah berdiri sejak 1995 dengan melalui berbagai proses dan terakhir asesmen lapangan pada tanggal 27-29 Oktober 2023 dengan asesor lapangan dari BAN-PT yaitu Prof. Ris’an Rusli, MA dan Prof. Kusmana, MA., Ph.D.

Proses re-akreditasi Prodi (AFI) berlangsung sejak awal tahun 2023 sesuai surat pengantar No: B-569/Un.15/PP.00.9/I/2023 tertanggal 18 Januari 2023.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses re-akreditasi khususnya Prof. Dr. H. Suaidi, MA., Ph.D yang telah mensupport seluruh proses pelaksanaan re-akreditasi selama menjadi Rektor sehingga Prodi AFI terakreditasi unggul, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Rofiqoh Ferawati, M.EI, Dekan Fakultas Ushuluddin Dr.Dr. Abdul Halim, M.Ag, para wakil dekan serta Ketua, LPM, TIPD dan Sekretaris Prodi Aqidah Filsafat Islam. Semoga prodi-prodi lainnya termotivasi untuk meningkatkan akreditasi seperti capaian Aqidah Filsafat Islam," kata Prof. Dr. H. Abu Rokhmad, M. Ag, Plt Rektor UIN STS Jambi. 


Proses Asesmen Lapangan beberapa waktu lalu--

Proses hasil akreditasi Prodi AFI telah diumumkan di laman website BAN PT dengan status terakreditasi Unggul dan meraih nilai sebesar 361. 

Prodi AFI sendiri adalah prodi dengan mahasiswa - mahasiswa khusus, hal ini terlihat dengan jumlah mahasiswa yang tidak membludak seperti Prodi lainnya. 

Prodi AFI sendiri bermigrasi dari Prodi AF (Akidah Filsafat), ini seiring dengan perubahan Fakultas Ushuluddin menjadi FUSA pada 2017 yang lalu. 

Dengan berbagai perubahan dan migrasi itu FUSA terus meningkatkan kualitas dalam berbagai pola, baik manajemen dan lainnya hal ini ditatah kepada kebijakan yang berorientasi pada akreditasi, sehingga prodi tersebut sudah berjalan on the track dan siap unggul. 

"Ini pencapaian bagi kerja keras kita semua, karena semua ini hasil dari kerja profesional semua unsur baik tim, pimpinan, mitra, alumni dan asesor," jelas Dekan Fakultas Ushuluddin Dr.Dr. Abdul Halim, M.Ag.

Dijelaskan Dekan FUSA UIN STS Jambi, diraihnya predikat Unggul pada Prodi AFI adalah yang pertama di UIN STS Jambi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebelumnya UIN STS Jambi juga mendapat akreditasi unggul pada beberapa prodi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). 

"Semoga ini menjadi dorongan untuk prodi prodi lainnya di UIN STS Jambi," kata Dekan FUSA UIN STS Jambi. (Uci)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: