Dua Mahasiswa Difabel UIN STS Jambi Terima Beasiswa KIP 2023

Dua Mahasiswa Difabel UIN STS Jambi Terima Beasiswa KIP 2023

Dua Mahasiswa Difabel UIN STS Jambi Terima Beasiswa KIP 2023--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dua mahasiswa difabel UIN STS Jambi memperoleh beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahun 2023.

Dua mahasiswa ini bernama Neval Rismanda dan Putri Fatimah Azzahra. 

Bersama 500 orang mahasiswa UIN STS Jambi lainnya, kedua mahasiswa difabel ini dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa KIP berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin  Jambi Nomor: B-4542/WR-lll/PP.00.9/10/2023 tertanggal, 19 Oktober 2023.

Ketua Pusat Kajian Disabilitas UIN STS Jambi, Dr. H.M. Syahran Jailani, M.Pd., mengatakan dengan diperolehnya beasiswa bagi dua mahasiswa disabilitas ini membuktikan bahwa Rektor dan pimpinan UIN STS Jambi memberikan ruang yang besar dan komitmen tinggi dalam mendukung proses pendidikan mahasiswa disabilitas. 

"Bukti nyata suport para pimpinan UIN STS Jambi kepada mahasiswa disabilitas. Harapnya mahasiswa disabilitas dapat memperoleh kesempatan yang setara dengan mahasiswa lainnya dalam memperoleh pendidikan," jelas Ketua Pusat Kajian Disabilitas UIN STS Jambi, Dr. H.M. Syahran Jailani, M.Pd.

Dirinya juga mengharapkan peningkatan fasilitas bagi mahasiswa disabilitas sehingga mempermudah mereka untuk lebih nyaman dalam melaksanakan proses perkuliahan di UIN STS Jambi. 

"Ini sesuai dengan salah satu program Kementerian Agama RI menjadikan PTKI se-Indonesia kampus insklusi dan ramah disabilitas," tambah Dr. H.M. Syahran Jailani, M.Pd.

Beasiswa KIP bagi mahasiswa difabel UIN STS Jambi adalah upaya untuk menumbuhkan gelora anak difabel lainnya di Provinsi Jambi, bahkan di Indonesia untuk terus meraih cita-cita melalui dunia pendidikan. Bagi Pusat Kajian Disabilitas UIN STS Jambi, kehadiran mahasiswa disabilitas yang memperoleh beasiswa sebagai bukti pendukung dalam rangka pengisian borang perangkingan dunia kampus insklusi dan ramah disabilitas yang dilaksanakan oleh Unesa-Dimetric setiap tahunnya. 

 "Insya Allah, tahun ini 2023 Pusat Kajian Disabilitas UIN STS Jambi akan ikut serta untuk kedua kalinya. Saat ini, tim terus  bekerja dan dalam proses finalisasi pengisian borang Unesa-Dimetric kampus ramah disabilitas," tegas Ketua Pusat Kajian Disabilitas UIN STS Jambi. 

Neval Rismanda, mahasiswa semester l Prodi Sistem Informasi Fakultas Saintek UIN STS Jambi merupakan anak yang berprestasi serta memiliki bakat seni. 

Hal ini dibuktikan dengan kemampuan tarik suara yang memesona. Meskipun memiliki keterbatasan Tuna Netra. Neval punya cita-cita untuk tidak berhenti menuntut ilmu sampai jenjang SMA di SLBN Prof. Sri Soedewi Jambi.

Neval ingin jadi sarjana dan menjadi orang sukses  seperti teman-teman lainnya. Hal itu dibuktikan Neval dengan mendaftar menjadi mahasiswa  UIN STS Jambi  yang  telah memfasilitasi, bahkan memberikan peluang beasiswa bagi mahasiswa disabilitas.

Pengakuan yang sama juga disampaikan oleh Putri Fatimah Azzahra, Putri merupakan mahasiswa semester l Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Syari’ah UIN STS Jambi. Ia merasa bangga menjadi bagian dari keluarga besar UIN STS Jambi. Meskipun memiliki keterbatasan (tulu) Putri bertekad untuk bisa menyelesaikan S1 tepat waktu.

"Apalagi kami sebagai sebagai penerima beasiswa KIP Kuliah. Terima kasih kepada Rektor & pimpinan UIN STS Jambi, khususnya Pusat Kajian Disabilitas UIN  STS Jambi yang telah memberikan fasilitas dan perhatian khusus kepada kami anak-anak difabel untuk bisa kuliah S1”. ujar Putri. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: