Masalah Tuntas di Komunitas
Sodimah, S.Pd--
2. Praktik Baik: Anggota komunitas akan berbagi pengalaman positif dalam mengajar dan mengelola kelas. Ini dapat mencakup strategi pembelajaran yang efektif, cara mengatasi tantangan kelas, dan ide-ide kreatif dalam proses pembelajaran.
3. PMM dan Aksi Nyata: Anggota komunitas belajar akan merencanakan tindakan nyata (aksi) berdasarkan hasil diskusi dan perencanaan dalam pertemuan mereka. Mereka akan memastikan bahwa rencana pembelajaran dapat diimplementasikan secara efektif dalam kelas.
4. Review Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Komunitas belajar akan mengulas alur atau langkah-langkah yang diperlukan untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Ini termasuk pemahaman tentang apa yang ingin dicapai oleh peserta didik dan bagaimana langkah-langkah kegiatan P5 dapat membantu meningkatkan Profil Pelajar Pancasila
5. Review RPP dan Modul Ajar: Dalam komunitas belajar, anggota akan berkumpul untuk meninjau dan memeriksa Rencana Pembelajaran (RPP) dan Modul Ajar yang telah disiapkan. Mereka akan memastikan bahwa RPP dan Modul Ajar tersebut sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan memenuhi standar kualitas pembelajaran. Poin ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran.
Selain menyusun program, anggota Komunitas Sahabat Permata juga menentukan jadwal kegiatan pelaksanaan program serta membuat SK Komunitas yang beranggotakan 8 orang guru.
Salah satu tindak lanjut dari program komunitas belajar yang telah terlaksana yaitu supervisi akademik tentang pembelajaran beriferensiasi.
Menurut Yuli Fitriani, S.Pd guru kelas 6 SDS Permata Agri yang telah menerapkan pembelajaran berdiferensisi mengatakan, ” Saya sangat beruntung dapat belajar bersama dalam komunitas, karena hal-hal yang belum saya pahami ternyata bisa saya dapatkan dalam komunitas belajar ini, terutama pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi.” pungkasnya.
Sodimah, S.Pd selaku kepala sekolah di SD Swasta Permata Agri berharap agar program komunitas belajar yang telah berjalan ini dapat konsisten dilaksanakan dan anggota komunitas belajar memiliki visi serta komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan pendidikan sesuai dengan kebutuhan siswa.
“Semoga rencana yang telah kita susun dan program yang sudah berjalan menjadi langkah awal yang penting menuju perubahan yang kita harapkan.” tutup Sodimah. (*)
*) Penulis Kepala Sekolah SDS Permata Agri, Fasda Tanoto Foundation Jambi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: