>

DPRD Kota Jambi Soroti Kekurangan Ruang Kelas di Sekolah Dasar

DPRD Kota Jambi Soroti Kekurangan Ruang Kelas di Sekolah Dasar

Tak Setor Pajak, Dewan Minta Pemkot Jambi Segel Usaha 'PITEK OBONG' --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Infrastruktur sekolah dasar menjadi fokus perhatian Pemerintah Kota Jambi dengan adanya kekurangan ruang kelas belajar di sejumlah sekolah.

Kendala ini terutama ditemukan di wilayah Alam Barajo Kota Jambi.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi, Zayadi, mengungkapkan bahwa beberapa sekolah masih membutuhkan penambahan infrastruktur, terutama ruang kelas, karena jumlah murid yang terus meningkat.

Salah satu sekolah yang terkena dampaknya adalah SDN di kawasan Bougenville, di mana banyak siswa harus mengikuti pelajaran pada shift sore karena kurangnya ruang kelas pada shift pagi.

Zayadi menjelaskan bahwa solusi awal adalah melakukan pendataan kebutuhan infrastruktur ini dan menyampaikan data tersebut kepada Dinas Pendidikan dan OPD terkait.

Data ini kemudian akan diajukan ke Komisi IV DPRD Kota Jambi dan dibahas dalam rapat Banggar.

Setelah disetujui, langkah selanjutnya adalah mengawal alokasi anggaran yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur sekolah tersebut.

Tantangan lain yang dihadapi adalah adanya sekolah yang harus ditutup karena kekurangan siswa, terutama setelah penerapan sistem zonasi.

Di sisi lain, beberapa wilayah memiliki sekolah yang kekurangan ruang kelas karena jumlah siswanya yang berlebihan.

Untuk mengatasi masalah ini, Zayadi menekankan pentingnya pendataan sekolah secara menyeluruh untuk mengidentifikasi kebutuhan infrastruktur dan menyesuaikannya dengan perkembangan jumlah siswa di setiap wilayah.

Salah satu contoh yang diambil adalah mempertimbangkan penambahan ruang kelas di sekolah yang berada di wilayah padat penduduk seperti Bougenville, di mana permintaan akan pendidikan tinggi dan ruang kelas sangat dibutuhkan. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: