Keren! Sepeda Motor Listrik Hasil Konversi Diserahkan Kepada Masyarakat

Keren! Sepeda Motor Listrik Hasil Konversi Diserahkan Kepada Masyarakat

Pertama Kali, Sepeda Motor Listrik Hasil Konversi Diserahkan Kepada Masyarakat--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Keren! Untuk pertama kali Sepeda Motor Listrik Hasil Konversi Diserahkan Kepada Masyarakat.

Konversi sepeda motor bahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik merupakan salah satu program dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Hal ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik di sektor transportasi.

“Penerapan kendaraan listrik di sektor transportasi menjadi salah satu langkah dekarbonisasi untuk mencapai target Net Zero Emission dan pengurangan konsumsi BBM di sektor energi. Melalui Program Konversi Sepeda Motor Listrik, pemerintah menargetkan pada tahun 2023 ini paling banyak 50 ribu unit sepeda motor dikonversi,” tutur Direktur Jenderal EBTKE, Yudo Dwinanda Priaadi saat seremonial Penyerahan Sepeda Motor Listrik Hasil Konsersi yang dilaksanakan hari ini, Jumat (27/10).

Program konversi sepeda motor listrik, lanjut Yudo, merupakan program unggulan untuk mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik roda dua.

Namun saat ini, biaya melakukan konversi relatif mahal bagi masyarakat yaitu berkisar antara Rp 17 juta.

Guna mendorong minat dan ketertarikan masyarakat dalam melakukan konversi, pemerintah menyiapkan skema bantuan pemerintah dalam bentuk potongan biaya konversi sebesar Rp 7 juta untuk setiap unit sepeda motor konversi.

“Ini kali pertama kita serahkan sepeda motor listrik hasil konversi. Penyerahan ini merupakan penanda bahwa program bantuan pemerintah untuk konversi sepeda motor listrik telah terlaksana,” tandas Yudo.

Menurutnya, pelaksanaan transisi energi melalui program konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik memiliki banyak tantangan. Namun Ia percaya bahwa target transisi energi bukan tidak mungkin dapat dicapai dengan komitmen dan konsistensi dari seluruh pemangku kepentingan terkait.

Lebih lanjut Yudo menyampaikan apresiasi atas dukungan para pihak yang terlibat dalam program konversi motor listrik, antara lain Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, bengkel dan Kementerian Perindustrian.

“Saya berharap dengan penyerahan sepeda motor listrik hasil konversi perdana ini dapat meningkatkan animo masyarakat untuk mengkonversi sepeda motor BBM-nya menjadi sepeda motor listrik. Juga memberikan manfaat besar bagi pengguna, jadi contoh positif dalam menerapkan teknologi yang lebih ramah lingkungan,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: