Penyuluhan Jasa Raharja Jambi Meningkatkan Keselamatan Penyeberangan Kapal Sungai dan Danau

Penyuluhan Jasa Raharja Jambi Meningkatkan Keselamatan Penyeberangan Kapal Sungai dan Danau

Penyuluhan Jasa Raharja Jambi Meningkatkan Keselamatan Penyeberangan Kapal Sungai dan Danau --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan keselamatan dalam penyeberangan kapal sungai dan danau di Kabupaten Batanghari, Jasa Raharja Jambi hadiri undangan dari Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyebrangan (Poltektrans SDP) Palembang. 

Politektrans SDP Palembang ini  mengadakan acara penyuluhan kepada pemilik Kapal penyebrangan Sungai di Desa Terusan, Kabupaten Batanghari.

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kesadaran tentang pertanggungan kecelakaan dalam transportasi sungai dan danau kepada para pemilik dan operator kapal sungai, danau, dan penyeberangan di Kabupaten Batanghari, Jambi.

Dalam rekaman resmi yang dirilis pada Senin, 30 Oktober 2023, Kepala Cabang Jasa Raharja Jambi , Donny Koesprayitno menjelaskan Undangan sebagai narasumber ini menjadi realisasi kolaborasi dalam meningkatkan keselamatan bagi masyarakat yang terlibat dalam pelayaran kapal sungai dan danau, penyuluhan berlangsung beberapa hari lalu, tepatnya 25 Oktober 2023, di Gedung Aula Balai Desa Pasar Terusan, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, 

''Dalam cara tersebut mengambil tema Keselamatan Pelayaran Kapal Sungai dan Danau, dan kami menyampaikan aspek perlindungan dasar bagi penumpang dalam aktivitas penyebrangan Sungai di Desa Terusan,''ujarnya.

“Jasa Raharaj Jambi sebagai narasumber diwakili oleh Miky Yudarta, Penanggung Jawab Samsat Muara Bulian menjelaskan Jasa Raharja adalah Badan UASAHA Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk untuk menjalankan UU No. 33 Tahun 1964, sesuai undang-undang setiap pemilik kapal penyeberangan sungai/danau angkutan penumpang umum yang berizin resmi wajib membayar iuran wajib kapal penumpang. Hal ini bertujuan untuk melindungi penumpang dalam situasi yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan angkutan penumpang" jelas Donny.

Dalam acara ini, para peserta menerima pemahaman yang lebih mendalam tentang regulasi, prosedur keamanan, dan tindakan-tindakan darurat yang perlu diambil dalam situasi kecelakaan di perairan.

Kolaborasi antara Jasa Raharja dan Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyebrangan Palembang membantu menciptakan platform yang sangat bermanfaat untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman guna memitigasi risiko dan meningkatkan keselamatan dalam transportasi sungai dan danau di Kabupaten Batanghari.

Dapak yang diharapakan oleh Jasa Raharja setelah melkukan penyuluhan adalah para pemilik Kapal Penyebrangan Sungai angkutan penumpang memahaman lebih baik terkait praktik-praktik keselamatan operasional kapal angkutan penumpang dalam pelayaran kapal sungai dan danau, serta membantu menjaga keselamatan penumpang di wilayah ini.

Keselamatan adalah hal yang sangat penting dalam semua aspek transportasi, dan upaya seperti ini membantu mencapai tujuan tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: