Pembangunan Gedung Baru Kantor Walikota Jambi Diresmikan, Ini Namanya dan Maknanya..

Pembangunan Gedung Baru Kantor Walikota Jambi Diresmikan, Ini Namanya dan Maknanya..

Pembangunan Gedung Baru Kantor Walikota Jambi Diresmikan, Ini Namanya dan Maknany--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Masa pengerjaan gedung baru kantor Wali Kota Jambi akan berakhir Desember 2023. Kini progres pekerjaan sudah diatas 90 persen, masih ada tersisa waktu dua bulan untuk finishing bangunan tersebut.

Senin (30/30/2023), Wali Kota Jambi Syarif Fasha meresmikan pembangunan gedung tersebut, sekaligus dilakukan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Jambi Sy Fasha.

Gedung ini diberi penamaan khusus, yakni Graha Siginjai. Kata Fasha Graha bermakna gedung atau tempat berkantornya pemimpin, kemudian Siginjai merupakan khas Jambi, menandakan yang menempati gedung ini adalah raja. 

"Raja yang dimaksud adalah pemimpin Kota Jambi, Wali Kota Jambi," kata Fasha, usai peresmian, Senin (30/10).

Kata Fasha, yang diresmikan ini adalah pembangunan, bukan pemakaian gedung.

"Peresmian pemakaian gedung mungkin 2024 nanti oleh Penjabat Wali Kota Jambi," imbuhnya.

Gedung baru kantor walikota itu dibangun melalui dua tahun mata anggaran APBD Kota Jambi 2022 dan APBD Kota Jambi 2023. Total menghabiskan anggaran Rp 105 Miliar.

Gedung megah tersebut rencananya akan memakai energy terbarukan. Kini masih dilakukan penjajakan.

"Kita lagi penjajakan pemakaian tenaga surya. Namun tetap gunakan PLN nanti untuk cadangan, untuk alternatif," ujarnya.

"Yang kita utamakan adalah tenaga surya. Karena tenaga surya ini tidak bisa menyimpan energy terlalu lama, sehingga harus kita cadangkan PLN," katanya.

Gedung baru kantor Wali Kota Jambi ini bernuansa modern dengan mengedepan budaya lokal. Pada muka gedung tersebut terpajang Keris Siginjai, yang merupakan lambang kerajaan Jambi.

"Ini menampilkan ornamen lokal, yang utama adalah Keris Siginjai, karena keris ini kebanggaan Kota Jambi, melambangkan raja pada kerajaan Melayu Jambi. Siapa yang menjadi raja, maka dialah pemilik keris ini. Itu yang kita tonjolkan," kata Fasha. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: