Dewan Minta Fokus Penanganan Banjir di Kota Jambi, Alokasikan Rp65 Miliar untuk 2024

Dewan Minta Fokus Penanganan Banjir di Kota Jambi, Alokasikan Rp65 Miliar untuk 2024

Ilustrasi Banjir di Kota Jambi beberapa waktu yang lalu.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi saat ini tengah merumuskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

Proses tersebut sedang berlangsung, dan hingga saat ini, bagian sekretariat daerah lebih dulu selesai dibahas.

"Insya Allah minggu depan kita akan jadwalkan pembahasan anggaran khusus untuk Dinas PUPR dan Dinas Perkim," kata Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Abshor Hasibuan, Minggu (29/10/2023).

Dalam perencanaan APBD 2024, pembangunan Kota Jambi akan lebih difokuskan pada penanganan banjir

Abshor menyebutkan, jika pada anggaran tahun sebelumnya, dana yang dialokasikan untuk penanganan banjir hanya sekitar Rp 25 miliar, pada APBD 2024 angka tersebut akan meningkat menjadi Rp 65 miliar.

"Kita tingkatkan Rp 40 miliar dari tahun sebelumnya," katanya.

Dia berharap dengan peningkatan dana yang signifikan untuk penanganan banjir di Kota Jambi, masalah banjir dapat segera teratasi, sehingga masyarakat tidak akan lagi mengalami dampak banjir.

Selain itu, politisi Partai Gerindra itu juga menekankan perlunya mencari lahan untuk membangun embung atau kolam retensi.

Untuk ini, pihaknya telah mengalokasikan sekitar Rp 5,2 miliar di bagian pemerintahan. 

"Terakhir Saya juga sudah meminta kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk menambah alokasi anggaran pengadaan lahan tersebut. Tujuannya adalah untuk memperbanyak kolam-kolam retensi di Kota Jambi, terutama di daerah yang rawan banjir," tambahnya.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Kota Jambi dapat mengatasi permasalahan banjir dan meningkatkan ketahanan terhadap bencana banjir di masa yang akan datang. (hfz)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: