Dibuka Besok, Pemprov Jambi Siap Berikan yang Terbaik di STQH Nasional

Dibuka Besok, Pemprov Jambi Siap Berikan yang Terbaik di STQH Nasional

SIAP DIGELAR: Penampakan panggung utama pelaksanaan STQH yang digelar di Jambi. Rencananya akan dibuka oleh Wapres KH Ma'ruf Amin, pada 30 Oktober--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pagelaran akbar Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqoh Alhadits (STQH) akan digelar di Provinsi JAMBI.

Pembukaan ajang nasional dua tahunan sekali ini akan dibuka pada Senin (30/10/2023).

Pemprov Jambi menyatakan siap memberikan yang terbaik setelah lama tak menghelat ajang nasional.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, dari rapat final sudah terlihat progres yang luar biasa dari panitia. Ajang nasional pra MTQ ini akan dihadiri oleh 1.500-an peserta (khafilah). Disamping akan hadir tamu lainnya yang mendampingi.

Adapun venue perlombaan nantinya akan menggunakan beberapa tempat yakni Arena Utama STQ, ruangan kantor Dinas PUPR, lalu Ruang pola kantor gubernur. Juga akan menggunakan aula Bappeda serta ruangan di Mahligai Bank 9 Jambi.

BACA JUGA:Berbagai Provinsi di Indonesia Ikuti Parade Kafilah STQH 2023 di Jambi

Saking spesialnya acara ini, akan dihadiri langsung oleh orang nomor dua di negeri ini. Pembukaan akan berlangsung di arena STQ (Eks Arena MTQ) di depan Bandara Sultan Thaha Jambi. Dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin pada Senin malam.

"Yang akan hadir nanti Pak Wakil Presiden, sudah dipastikan pak Wapres yang hadir," kata Haris.

Selain itu, sebut Haris, akan hadir Menteri Agama Yaqut Cholil, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri PAN RB Azwar Anas. "Serta kita akan menunggu info dari Duta besar yang juga akan datang ke Jambi," sebut Haris.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Zefni Ishaq mengatakan, dalam menghadapi penyelenggaraan STQH Nasional, secara keseluruhan persiapan sudah mencapai 98 persen.

"Kita sudah mempersiapkan tempat lomba, tempat registrasi ulang peserta dan penetapan peserta. Secara teknis sudah dalam proses," ujarnya.

Zefni mengatakan, kedatangan para Kafilah ke Jambi sudah berlangsung sejak 27 hingga 29 Oktober 2023 ini.

"Kedatangannya bervariasi ya, puncaknya itu 28 Oktober," sebutnya.

Menurutnya, untuk jumlah kafilah secara keseluruhan ada sebanyak 1.366 orang dan peserta yang mengikuti STQH berjumlah 736 orang dari 34 provinsi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: