FK UNAND Resmi Jadi ‘Sohib’ Osaka University

FK UNAND Resmi Jadi ‘Sohib’ Osaka University

Dekan FK UNAND, Prof Afriwardi dan Dr Kei Kamide, Dean of Divison of Health Science, School of Medicine Osaka University usai penandatanganan kerjasama, disaksikan oleh Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Osaka, Anak Agung Ngurah Andy Lak-Foto: Ist/KJRI Osaka-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kini, FK UNAND resmi menjadi ‘sohib’ Osaka University pasca keduanya menandatangani Agreement on Academic Exchange dengan School of Medicine Osaka University.

Penandatanganan dilakukan di Osaka University Suita Campus pada Senin (24/10/2023).

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK UNAND) memang telah berhasil membuat kemajuan baru di dunia pendidikan bidang kesehatan pasca berhasil bekerjasama dengan Osaka University.

Apa saja poin-poin kesepakatan dan isi kerjasama keduanya? Prof. Mai Kabayama, Director of International Exchange Center Osaka University, dikutip Jambi Ekspres dari keterangan resmi Kemenlu, mengatakan bahwa terdapat beberapa poin dalam isi perjanjian keduanya.

Diantaranya, FK UNAND dan School of Medicine Osaka University dapat memfasilitasi pertukaran akademik, kerja sama penelitian, dan saling berbagi informasi di bidang kedokteran, kebidanan, Kesehatan perempuan, dan bidang lain yang menjadi ketertarikan kedua institusi.

Termasuk diantaranya pertukaran pelajar dan peneliti antara kedua universitas.

“Kami sangat antusias dan menyambut baik kesepakatan kerja sama dengan Universitas Andalas. Kerja sama ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menawarkan jawaban atas tantangan-tantangan di bidang kesehatan yang dihadapi oleh Jepang dan Indonesia”, ungkap Prof. Mai Kabayama.

Kesepakatan ini diharapkan bisa menjadi katalisator Kolaborasi riset serta terbukanya akses yang lebih luas bagi pertukaran pelajar, pendidik, dan peneliti FK UNAND dengan School of Medicine Osaka University.

Kesepakatan ditandatangani oleh Dekan FK UNAND, Prof. Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO., MA., dan Dean of Divison of Health Science, School of Medicine Osaka University, Dr. Kei Kamide.

Disaksikan pula oleh Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Osaka, Anak Agung Ngurah Andy Laksmana.

“Selamat atas disepakatinya kerja sama academic exchange antara kedua institusi yang merupakan salah satu implementasi nyata dari eratnya hubungan Indonesia dan Jepang yang telah memasuki usia 65 tahun dan kemitraan komprehensif yang strategis dengan berbagai kolaborasi konkret yang saling menguntungkan antara kedua negara”, sambut Bapak Andy Laksmana mewakili KJRI Osaka.

Universitas Andalas merupakan perguruan tinggi/institusi pendidikan Indonesia kedua yang menjalin kerja sama dengan School of Medicine Osaka University di tahun 2023.

Pada Maret 2023, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III juga telah melakukan seremoni implementasi Memorandum of Agreement (MoA) dengan School of Medicine Osaka University.

KJRI Osaka berkomitmen mendukung kelancaran implementasi kesepakatan dan mengembangkan kerja sama Indonesia dan Jepang di berbagai bidang. (*)

Sumber: KJRI Osaka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: