Dari Pulau Mentawai Presiden Jokowi Nginap di Sumatera Selatan

Dari Pulau Mentawai Presiden Jokowi Nginap di Sumatera Selatan

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat, pada Rabu, 25 Oktober 2023, sekitar pukul 12.11 WIB. -Foto: BPMI Setpres/Rusman-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Pulau Mentawai Sumatera Barat Rabu(25/10/2023). Dari Mentawai Presiden Jokowi akan lanjut ke Sumatera Selatan (Sumsel) dan menginap di Sumsel untuk melanjutkan beberapa kegiatan.

Bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Jokowi dan rombongan setelah mendarat di Bandara Minangkabau Sumbar dan meninjau fasilitas bandara kemudian langsung terbang ke Mentawai.

Di Mentawai Jokowi meresmikan Bandara Mentawai, merupakan bandara yang menggantikan bandara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bandara Rokot Sipora.

Jika bandara sebelumnya hanya memiliki panjang  panjang landas pacu 850 meter dan hanya bisa didarati oleh pesawat Cessna berkapasitas 12 orang, sejak diresmikan Bandara Mentawai ini, maka pesawat ATR bisa mendarat karena panjang runway-nya 1.500 meter dengan lebar 30 meter.

“Saya yakin dengan makin terbukanya akses suatu daerah, konektivitas yang makin baik, masyarakat akan mendapatkan multiplier effect yang besar dan kesempatan untuk mengembangkan usaha-usaha barunya, dan ini yang kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan kita semuanya,” ujar Jokowi seperti dikutip Jambi Ekspres dari keterangan resmi kepresidenan.
 
Turut mendampingi Presiden dalam acara peresmian tersebut yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, dan Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran.

Juga hadir Ketua DPRD Provinsi Sumatra Barat Supardi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, dan Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono.

Di Mentawai, Presiden Jokowi juga meninjau fasilitas bandara dan mengunjungi Pasar Ibu, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Presiden menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang.

Presiden Jokowi kemudian kembali ke Padang lalu menuju SMK Negeri 5 Kota Padang untuk meninjau fasilitas dan kegiatan belajar mengajar.

“Saya setiap ke provinsi selalu melihat satu, dua sekolah utamanya SMK karena di situlah sebetulnya hal yang berkaitan dengan skill, dengan keterampilan betul-betul dilakukan,” ujarnya kepada para awak media

Jokowi dalam agendanya juga menuju Gudang Bulog Rawang Timur, Kota Padang untuk meninjau persediaan beras. Selain itu, Kepala Negara juga menyerahkan langsung bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada masyarakat penerima manfaat.

Selesai acara tersebut, Presiden Jokowi lepas landas menuju Provinsi Sumatra Selatan dan bermalam di Sumsel.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Sumatra Barat yaitu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Plh. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: