Pascasarjana UNJA Gelar Konferensi Internasional ke-2

Pascasarjana UNJA Gelar Konferensi Internasional ke-2

Kegiatan The Second UNJA SMART International Conference (USIC)--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pascasarjana Universitas Jambi (UNJA) berkolaborasi dengan Forum Pimpinan Pascasarjana (FORPIMPAS) melaksanakan The Second UNJA SMART International Conference (USIC).

Tema kegiatan ini adalah “Human Resource Quality and Character Development in Preparing Asia as the Epicentrum of Growth”.

Diadakan secara hybrid, pada Rabu – Kamis, 25-26 Oktober 2023 di Swiss-Belhotel Jambi.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. dan dihadiri oleh Direktur pascasarjana Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S H., Staff Ahli Gubernur Jambi bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Husairi, S.IP., ME , Ketua FORPIMPAS, Prof. Dr. Ir. Hidayat, MP. serta para keynot speaker, anggota BKS wilayah barat, forum pimpinan dari wilayah BKS Barat, anggota-anggota forum pimpinan pascasarjana dari wilayah barat, tengah, dan juga timur.

Rektor Universitas Jambi Prof. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menghadapi berbagai persoalan yang ada.

“Acara ini berkaitan dengan bagaimana kita menyiapkan SDM kita agar lebih siap dalam menghadapi berbagai persoalan, untuk itu mari kita diskusikan untuk memecahkan real problem dalam konteks berbagai SDM baik di pemerintahan, perguruan tinggi maupun secara umum yang ada di sekitar, dan harus mengalami suatu perubahan dengan harapan mudah-mudahan memberikan manfaat,” katanya.

Ketua FORPIMPAS, Prof. Dr. Ir. Hidayat, MP dalam sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk kerjasama.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kerjasama antara FORMINPAS wilayah barat yang anggotanya Universitas se sumatra, kalimantan barat dan jawa barat, kurang lebih ada 32 universitas, acara ini juga akan dilanjutkan nanti malam dengan rapat pimpinan pascasarjana wilayah barat, timur, untuk membahas sesuatu yang menjadi sub kita bersama,” ungkapnya.

Direktur pascasarjana Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S H., mengatakan tanggapan dan harapannya terkait kegiatan ini.

“Saya senang dengan diadakannya kegiatan ini karena melihat antusias dari peserta yang meningkat dari konferensi sebelumnya, kegiatan ini dilakukan dua tahun sekali dan sebanyak dua kali yang pertama pada tahun 2021 dan itu sukses dilaksanakan tetapi yang kedua juga jauh lebih sukses, dan dari kegiatan ini saya berharap mendapatkan masukan agar kita dapat berkontribusi dalam bidang akademik,” ungkapnya.

Dr. Ummi Kalsum, S.K.M., M.K.M. selaku Ketua panitia pelaksana dalam sambutannya mengatakan tujuan dan harapannya terhadap Kegiatan ini dilaksanakan. “Tujuannya yaitu untuk mewadahi kita mendiseminasikan hasil- hasil penelitian pengabdian masyarakat baik itu praktisi maupun dosen civitas akademi yang meneliti kemudian mereka berminat untuk mempresentasikannya,” ungkapnya.

Dr. Ummi Kalsum berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan kemudian berkesinambungan jadi harapannya tetap berlanjut dan ini adalah yang kedua dan serta peningkatan jumlah presenter, peserta dan minat yang semakin berkembang dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Selain itu, pada hari Kedua (Kamis, 25/10/2023) diadakan kegiatan Field Trip For Forpimnas dimulai dengan mengunjungi Tour Kampus UNJA Mendalo, Mengunjungi Sanggar Batik “Selaras Pinang Masak”, Mengunjungi Candi Kedaton, Jembatan Gentala Arasy dan diakhiri menuju Tugu Keris Siginjai. (*/kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: