Unja Nambah Guru Besar Lagi, Ini 7 Nama yang Dikukuhkan Periode Pertama

Unja Nambah Guru Besar Lagi, Ini 7 Nama yang Dikukuhkan Periode Pertama

Pengukuhan 7 guru besar Unja. etua Senat UNJA, Prof. Dr. Syamsurijal Tan, S.E., M.A. memimpin Rapat Terbuka Senat UNJA Pengukuhan Guru Besar yang berlangsung di Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo, pada Rabu (25/10/23). --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) kembali menambah daftar guru besar dan 7 diantaranya dikukuhkan pada periode pertama.

Total tercatat ada 19 guru besar yang telah resmi mendapatkan SK Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen, hingga pada bulan Oktober 2023 ini.

Ketua Senat UNJA, Prof. Dr. Syamsurijal Tan, S.E., M.A. memimpin Rapat Terbuka Senat UNJA Pengukuhan guru besar yang berlangsung di Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo, pada Rabu (25/10/23).

Pengukuhan periode pertama ini merupakan salah satu dari 3 periode pengukuhan guru besar baru UNJA. Periode kedua akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2023 dan periode ketiga pada 30 Oktober 2023.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., beserta beberapa anggota senat lainnya.

Adapun 7 guru besar baru tersebut berasal dari 4 Fakultas, dengan rincian 1 guru besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 3 guru besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 1 guru besar dari Fakultas Pertanian (FAPERTA), dan 2 guru besar dari Fakultas Peternakan (FAPET).

Berikut daftar 7 nama guru besar baru periode pertama yang telah dikukuhkan :

1. Prof. Dr. Sri Rahayu, S.E., M.S., Ak.CA. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis);
2. Prof. Dr.Drs. Suratno M.Pd. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan);
3. Prof. Drs. Syahrial. M.Ed., Ph.D. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan);
4. Prof. Dr. Ir. Budiyati Ichwan, M.S. (Fakultas Pertanian);
5. Prof. Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan);
6. Prof. Dr. Ir. Agus Budiyansyah, M.S. (Fakultas Peternakan);
7. Prof. Dr. Ir. Syafwan, M.Sc. (Fakultas Peternakan).

Selain 7 guru besar tersebut, UNJA juga memberikan penghargaan dan atribut guru besar kepada Almarhumah Prof. Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), yang mendapatkan SK guru besar beberapa hari setelah beliau wafat.

Pemberian penghargaan dan atribut tersebut diserahkan langsung oleh Rektor dan Ketua Senat UNJA kepada pihak keluarga Almarhumah.

Selanjutnya, Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. mengalungkan atribut guru besar sebagai simbolis resmi kepada 7 guru besar yang dikukuhkan tersebut.

Setelah itu, 7 guru besar secara bergantian menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan Senat UNJA dan tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Rektor UNJA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., menyampaikan ucapan selamat dan harapannya atas guru besar yang telah dikukuhkan pada periode pertama ini.

"Ini adalah suatu kebanggaan bagi keluarga, bagi UNJA dan juga kebanggaan bagi masyarakat Jambi. Setelah menjadi guru besar diharapkan akan semakin banyak inovasi di dalam pembelajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Tentu, dengan adanya penambahan guru besar dapat memberikan penguatan dalam kapasitas institusi terutama di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar beliau.

Acara ditutup secara resmi oleh Ketua Senat, dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada guru besar yang telah dikukuhkan beserta keluarganya. (*/kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: